Headline

7 Minuman Khas Korea yang Nggak Kalah Menarik Selain Soju

Share

Untuk kamu yang suka menonton drama Korea atau tergila-gila dengan K-Pop, pasti sudah jelas mengenal beragam kulinernya, dong? Faktanya, selain makanannya yang dikenal variatif, ada juga minuman khas Korea yang banyak juga jenisnya.

Mulai dari yang tradisional, hingga yang memiliki citarasa unik, bisa kamu temukan di negara yang satu ini. Jadi, kalau ditanya apa saja minuman khas Korea? Jawabannya bukan hanya soju, berikut ini daftar lengkapnya:

  • Banana Milk
www.his-travel.co.id

Kalau kamu singgah atau liburan ke Korea, minuman yang satu ini sudah jadi primadona sejak lama. Makanya, kamu wajib cobain ya! Susu rasa pisang atau lebih populer dengan nama Banana Milk ini dikenal karena rasanya yang khas dan kemasannya yang menarik.

Kamu tahu nggak, ternyata minuman produksi Binggrae ini sudah ada sejak tahun 1970 lho! Kalau mau dijadikan oleh-oleh juga bisa apalagi banana milk tergolong mudah untuk dicari lantaran tersedia di banyak supermarket di Korea Selatan, harganya sekitar 1.200 won. Sekalipun namanya Banana Milk, menariknya ada banyak rasa yang tersedia. Mulai dari melon, strawberry, dan lain-lain.

  • Makgeolli
www.tasteatlas.com

Siapa yang pernah dengan makgeolli? Minuman apa sih kira-kira? Nah, sama halnya dengan soju, makgeolli merupakan minuman beralkohol yang bahan dasarnya terbuat dari beras atau gandum yang difermentasi. Makgeolli banyak dijajakan di warung-warung tenda di Korea loh. Minuman ini populer bahkan diketahui sebagai minuman alkohol tertua di negara itu.

Bedanya dengan soju, makgeolli tidak melewati proses penyaringan sehingga minuman ini memiliki warna putih seperti susu. Sekadar info, makgeolli mengandung alkohol 6-8 persen. Jadi untuk kamu yang tidak cocok dengan minuman beralkohol, sebaiknya hindari mengonsumsi makgeolli ya.

Minuman Khas Korea yang tak kalah menarik lainnya:

  • Sujeonggwa
www.carolinescooking.com

Di Korea juga ada loh minuman yang dibuat dari berbagai macam rempah seperti kesemek kering, jahe, serta kayu manis yang dicampur menjadi minuman bernama Sujeonggwa.

Minuman ini biasanya dinikmati kala Korean Moon Festival dan bisa dinikmati saat hangat maupun dingin. Cara pembuatannya tergolong mudah yaitu semua bahan tinggal dicampurkan dan direbus selama 40 menit. Jangan lupa disaring sebelum disajikan ya! Jika kamu suka rasa manis, boleh-boleh saja menambahkan gula supaya rasanya lebih nikmat.

  • Sikhye
www.chopsticksandflour.com

Pernah nggak kamu cobain minuman yang terbuat dari rendaman air beras dan dicampur gandum? Kalau di Korea, minuman semacam ini dinamakan Sikhye. Bahan dasarnya memang terlihat tidak biasa ya, tapi saat dicicip, muncul rasa manis dan teksturnya lembut nih.

Paling cocok dinikmati setelah kamu berendam air panas atau melakukan sauna. Khasiat utamanya yaitu menghilangkan pegal-pegal. Gimana? Tertarik? Nah, jika kamu berada di Korea Selatan, kamu bisa mampir sebentar di Salt Doll di Nakwondong Jungrogu.

  • Yulmu
Wikipedia

Yulmu? Apa sih yulmu? Kalau yang satu ini memang agak asing ya di telinga. Minuman ini awalnya berbentuk bubuk dan cara membuatnya cukup diseduh. Eits, tapi jangan salah, yulmu ternyata sejenis teh yang memiliki kadar protein jauh lebih tinggi dibanding kopi, loh!

Di Korea Selatan, Yulmu memang tersedia dalam bentuk kemasan sachet dan mudah ditemukan di toko-toko maupun swalayan. Untuk harganya cukup variatif tergantung dimana kamu membelinya.

Minuman lainnya:

  • Nok Cha
cookpad.com

Korea juga memiliki satu hidangan minuman berbahan dasar teh hijau namanya Nok Cha. Tentu, karena bahan dasarnya itu, minuman ini kaya akan manfaat diantaranya bisa melawan bakteri kanker, mengurangi lemak, hingga menurunkan kadar kolesterol!

Tak hanya jadi bahan pembuatan minuman, Nok Cha juga bisa jadi komposisi kalau kamu mau bikin kue atau eskrim. Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, ada satu tempat namanya Kuil Ssanggyesa yang dikenal sebagai tempat budidaya teh hijau. Disana kamu bisa mencicip Nok Cha dan membelinya sebagai oleh-oleh. Menarik, kan?

  • Yuja Cha
Wikipedia

Ada yang menyebut yuja cha, ada juga yang bilang yuja tea. Minuman yang satu ini lebih cocok digolongkan sebagai minuman tradisional khas Korea dan paling pas dikonsumsi saat cuaca dingin dan diminum dalam keadaan hangat. Yuja tea terbuat dari teh yang ditambahkan madu dan jeruk limau.

Nah, karena kandungannya itu, segelas Yuja Tea juga memiliki khasiat untuk mengobati flu, loh. Untuk kamu yang mau mencicip segelas Yuja Tea, bisa datang ke Traditional Tea House Insadong, Korea.

Baca artikel lainnya kunjungi Pointsgeek.id

BACA:

Ayundayani Rosadi

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Mie Nyemek Touci (Tomat Udang Cumi) ala Patricia Panigoro

Mie Nyemek Touci (tomat udang cumi) ala Patricia Panigoro? Hmm, sepertinya lezat nih mie nyemeknya.…

4 hours ago

HUT CIMB Niaga ke-66 Garuda Indonesia Diskon Rp660.000

Sambut kemeriahan HUT ke-66, CIMB Niaga memberikan diskon atau potongan harga untuk tiket Garuda Indonesia.…

4 hours ago

5 Artikel Pilihan Pointsgeek Minggu Ini

Pada minggu ini 25 September 2021, Pointsgeek memberikan pilihan artikel yang bisa kamu baca. Dari…

4 hours ago

Diskon Hotel, Vila dan Apartemen Rp900 Ribu di Traveloka

Traveloka memiliki promo 'PayDay Sale' yang memberikan diskon untuk hotel, vila, dan apartemen. Kamu bisa…

4 hours ago

Cara Tepat Daftar GoPayLater

Supaya memberikan rasa aman dan nyaman pada setiap transaksi GoPayLater, pendaftar perlu menyertakan identitas. Hal…

4 hours ago

Diskon Rp2 Juta Tiket Garuda Indonesia di DBS Travel Deals

Beli tiket di aplikasi Fly Garuda dan www.garuda-indonesia.com dengan Kartu Kredit digibank. Kamu bisa mendapatkan diskon dengan…

19 hours ago