Airlines

AirAsia Kembali Terbang Secara Reguler 02 Okt 2021

Share

AirAsia Indonesia pada bulan Oktober 2021 akan kembali terbang atau beroperasi dengan penerbangan berjadwal.

Penerbangan ini akan secara bertahap mulai tanggal 02 Oktober 2021 melayani rute Jakarta – Kuala Lumpur (Khusus perjalanan esensial).

Maskapai dengan kode penerbangan QZ ini juga akan beroperasi pada tanggal 14 Oktober 2021 melayani rute Jakarta – Bali.

berikut jadwal penerbangan berjadwal AirAsia:

Tiket untuk rute-rute tersebut tersedia untuk dipesan di aplikasi super airasia, web airasia.com, agen perjalanan dan mitra penjualan AirAsia.

Sebelum bepergian, seluruh tamu yang akan melakukan perjalanan domestik di Indonesia diimbau untuk mengikuti panduan penting untuk perjalanan sebagai berikut:

  • Pastikan kamu dan keluarga telah memenuhi syarat untuk bepergian. Kamu diimbau untuk memeriksa peraturan dan persyaratan perjalanan untuk bepergian ke destinasi yang dituju, termasuk dokumen kesehatan seperti hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksin. Kamu harus memastikan tes Covid-19 dilakukan oleh fasilitas kesehatan yang disebutkan dalam keputusan Menkes RI dan hasil tes telah tersedia di aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan. Selain itu, kamu juga diimbau untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan. Silakan melihat persyaratan perjalanan udara terbaru di sini.
  • Kenakan masker sebelum, selama, dan setelah penerbangan: Semua penumpang AirAsia wajib memakai masker setiap saat di bandara, saat check-in dan pengambilan bagasi, hingga selama penerbangan. Penumpang tidak diperkenankan mengenakan masker dengan katup terbuka di dalam penerbangan AirAsia. Kamu dapat mengenakan masker ganda untuk perlindungan yang lebih baik.
  • Self Check-in melalui kios untuk sementara tidak tersedia. Kamu dapat menuju ke salah satu konter check in kami di bandara untuk memverifikasi persyaratan perjalanan, mencetak boarding pass atau menyerahkan bagasi terdaftar.
  • Kamu dianjurkan untuk tiba 3 jam sebelum waktu keberangkatan agar dapat menyelesaikan semua proses pemeriksaan secara lebih nyaman.

Untuk memastikan standar keselamatan dan kesehatan tertinggi selalu diterapkan dengan baik, AirAsia telah melakukan sejumlah pengetatan prosedur selama di darat maupun di udara.

Di darat:

  • Opsi pembayaran digital: Semua konter layanan AirAsia didukung oleh fasilitas pembayaran minim kontak yang menerima pembayaran digital menggunakan perbankan online dan transaksi kartu kredit/debit.
  • Sistem Rekonsiliasi Penumpang (PRS): Sistem ini memastikan pengurangan penanganan fisik boarding pass oleh petugas di bandara.
  • Boarding secara bertahap: Untuk keamanan dan kenyamanan penumpang, proses boarding atau naik/turun pesawat akan dilakukan secara bertahap mulai dari penumpang di barisan kursi belakang hingga ke depan. Penumpang di Zona 2 (kursi belakang) dipersilakan untuk naik pesawat terlebih dahulu, diikuti dengan penumpang di Zona 3 (kursi tengah) dan Zona 1 (kursi depan). Kebijakan ini memastikan kelancaran proses naik/turun pesawat dan meminimalkan kontak antar tamu dan kru kami.

Di udara:

  • High-Efficiency Particulate Arrestors (HEPA) Filters: Seluruh armada AirAsia telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters) yang dapat menyaring 99.9% partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri dan memperbarui udara setiap 2-3 menit.
  • Seluruh awak kabin telah vaksin lengkap: Semua penerbangan AirAsia hanya akan dioperasikan oleh pilot dan awak kabin yang telah divaksinasi dengan dosis lengkap. Staf operasi di darat termasuk di terminal dan petugas layanan penanganan bagasi juga sudah divaksin lengkap.
  • Alat Pelindung Diri (APD): Semua pilot, awak kabin dan petugas darat AirAsia akan mengenakan APD baik di darat maupun selama penerbangan termasuk masker wajah dan sarung tangan.
  • AirAsia WiFi: Kini penumpang dapat menemukan versi digital menu Santan, katalog Duty Free, majalah perjalanan, dan berbagai koleksi konten hiburan gratis menggunakan perangkatnya sendiri. Penumpang dapat memberikan kabar kepada keluarga dan teman-teman sepanjang perjalanan dengan layanan Internet berkecepatan tinggi kami. Selain itu, penumpang juga dapat mengakses layanan aplikasi super airasia melalui portal AirAsia WiFi untuk pengalaman penerbangan yang lebih aman, nyaman, dan non tunai.
  • Makanan diproduksi dan dikemas secara higienis: Semua makanan di dalam pesawat mengikuti standar keamanan makanan yang ketat sebelum disajikan. Layanan makanan hanya tersedia pada penerbangan dengan jarak tempuh lebih dari 2 jam dan hanya dapat dipesan minimal 24 jam sebelum jam keberangkatan.
  • Desinfeksi pesawat secara menyeluruh: Seluruh armada yang digunakan didesinfeksi secara menyeluruh segera setelah selesai penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia dan instruksi dari otoritas kesehatan, sehingga penumpang dapat bepergian dengan tenang.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Melihat Perakitan Akhir Airbus A321XLR Pertama

Pesawat uji terbang A321XLR pertama, MSN11000, mengambil langkah maju yang besar minggu ini untuk menjadi…

1 hour ago

Penuhi Permintaan Pasar, Boeing Perluas Kapasitas 737-800BCF?

Boeing dan Taikoo (Shandong) Aircraft Engineering Co. Ltd. (STAECO) hari ini mengumumkan rencana untuk menciptakan…

2 hours ago

Qantas Umumkan Dua WideBody Freighter untuk Kargo E-commerce

Qantas akan mengubah dua pesawat penumpang Airbus A330 menjadi pesawat kargo untuk mendukung perubahan signifikan…

2 hours ago

MyPertamina Fair Tukar Poin 4.000 Jadi Saldo LinkAja Rp10.000

Pertamina memiliki promo MyPertamina Fair yang memiliki penukaran poin jadi Saldo LinkAja. Kamu bisa menukarkan…

3 hours ago

Jadwal Garuda Indonesia Travel Fair 10-12 & 10-16 Des 2021

Setelah beberapa waktu mengundang teka teki jadwal pelaksanaan Travel Fair, Garuda Indonesia akhirnya meluncurkan tanggalnya.…

3 hours ago

Etihad Terbang ke Moskow Rusia Setelah 13 Tahun

Tepat 13 tahun setelah pertama kali menghubungkan Abu Dhabi ke Moskow Rusia, Etihad Airways meluncurkan…

4 hours ago