Categories: AirlinesHeadline

Airbus Perkenalkan Desain Pesawat dengan NOL Emisi

Share

Airbus telah mengungkapkan tiga konsep pesawat komersial atau tanpa emisi pertama di dunia yang dapat memasuki layanan pada tahun 2035.

Konsep-konsep ini masing-masing mewakili pendekatan berbeda untuk mencapai penerbangan tanpa emisi.

Tanpa emisi dilakukan dengan mengeksplorasi berbagai teknologi dan konfigurasi aerodinamis untuk mendukung ambisi perusahaan memimpin dalam dekarbonisasi seluruh industri penerbangan.

Semua konsep ini mengandalkan hidrogen sebagai sumber tenaga utama, opsi yang menurut Airbus sangat menjanjikan sebagai bahan bakar penerbangan yang bersih.

Selain itu, bisa menjadi solusi bagi kedirgantaraan dan banyak industri lain untuk memenuhi target iklim yang lebih bersih.

“Ini adalah momen bersejarah untuk sektor penerbangan komersial secara keseluruhan dan kami bermaksud untuk memainkan peran utama dalam transisi terpenting yang pernah dilihat industri ini,” kata Guillaume Faury, CEO Airbus.

Konsep yang diungkapkan Airbus, menawarkan kepada dunia sekilas tentang ambisi perusahaan mendorong visi yang berani untuk masa depan penerbangan tanpa emisi.

“Saya sangat yakin bahwa penggunaan hidrogen, baik dalam bahan bakar sintetis maupun sebagai sumber tenaga utama untuk pesawat komersial, berpotensi untuk secara signifikan mengurangi dampak iklim penerbangan.”

Tiga konsep – semua dengan nama sandi “ZEROe” – untuk pesawat komersial nol emisi netral iklim pertama meliputi:

Desain turbofan

Desain turbofan (120-200 penumpang) dengan jangkauan 2.000+ mil laut, mampu beroperasi secara lintas benua.

Didukung oleh mesin turbin gas yang dimodifikasi yang dijalankan dengan hidrogen, bukan bahan bakar jet, melalui pembakaran.

Hidrogen cair akan disimpan dan didistribusikan melalui tangki yang terletak di belakang sekat tekanan belakang.

Desain turbofan. Foto: Airbus.

Desain turboprop

Desain turboprop (hingga 100 penumpang) menggunakan mesin turboprop sebagai pengganti turbofan.

Didukung oleh pembakaran hidrogen pada mesin turbin gas yang dimodifikasi, yang akan mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 mil laut, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk jarak pendek.

Desain turboprop. Foto: Airbus.

Konsep desain “blended-wing body”

Konsep desain “blended-wing body” (hingga 200 penumpang) di mana sayap menyatu dengan badan utama pesawat dengan jangkauan yang mirip dengan konsep turbofan.

Badan pesawat yang sangat lebar membuka banyak opsi untuk penyimpanan dan distribusi hidrogen, dan untuk tata letak kabin.

Desain blended-wing body. Foto: Airbus.

Konsep-konsep ini akan membantu Airbus mengeksplorasi dan mematangkan desain dan tata letak pesawat komersial pertama di dunia yang netral iklim dan tanpa emisi, yang akan kami layani pada tahun 2035.

Transisi ke hidrogen, sebagai sumber tenaga utama untuk pesawat konsep ini, akan membutuhkan tindakan tegas dari seluruh ekosistem penerbangan.

Bersama dengan dukungan dari pemerintah dan mitra industri, Airbus dapat menjawab tantangan ini untuk meningkatkan energi terbarukan dan hidrogen demi masa depan industri penerbangan yang berkelanjutan.

Untuk mengatasi tantangan ini, bandara akan membutuhkan transportasi hidrogen yang signifikan dan infrastruktur pengisian bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan operasi sehari-hari.

Dukungan dari pemerintah akan menjadi kunci untuk memenuhi tujuan ambisius ini dengan peningkatan pendanaan untuk penelitian & teknologi, digitalisasi, dan mekanisme.

Teknologi Airbus ini dapat mendorong penggunaan bahan bakar berkelanjutan dan pembaruan armada pesawat.

Memungkinkan maskapai penerbangan pensiun lebih awal, dengan pesawat yang lebih ramah lingkungan.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Recent Posts

7 Tips Aman Transaksi Online GoPay dan BCA

Kejahatan untuk menguras dompet digital sangat ramai saat ini, oleh karena itu kamu harus tips aman transaksi online agar terhindar…

8 hours ago

Cara Tukar Fiestapoin Jadi E-Voucher Makanan dan Minuman

Bank Mandiri memiliki cara tukar fiestapoin jadi e-voucher yang bisa membuat kamu makan dan minum semakin hemat di berbagai restoran…

8 hours ago

Harga Spesial Akses Lounge dan Prepaid Baggage Garuda Indonesia

Maskapai milik BUMN, Garuda Indonesia memberikan harga spesial akses lounge dan diskon 50% khusus prepaid baggage. Harga khusus ini diberikan…

19 hours ago

Cara Mudah Top Up Saldo OVO di Minimarket

Selain menggunakan mobile banking atau ATM, kamu juga bisa top up saldo OVO di minimarket atau gerai retail pilihan. Sebelum…

22 hours ago

Segera: Business Class Qatar Airways Boeing 787-9 Baru

Qatar Airways akan menambahkan business class suite baru ke dalam portofolio premiumnya saat Boeing 787-9 Dreamliner pertama anggota Oneworld mengudara…

22 hours ago

Cashback 30% Bayar Tiket Citilink Pakai Shopee Pay

Citilink memiliki kemudahan dalam melakukan pembayaran dengan beberapa dompet digital, salah satunya adalah Shopee Pay. Kamu bisa membayar tiket Citilink…

22 hours ago