Categories: Credit Cards

Kartu Kredit BCA American Express Platinum

Share

BCA American Express Platinum merupakan kartu kredit top tier dari bank BCA. Di kartu kredit top tier-nya kali ini, BCA menggandeng American Express sebagai payment getaway mereka.

Sayangnya American Express belum terlalu dikenal dan tidak semua merchant dapat menerima payment getaway ini.

Selain itu, kartu kredit BCA American Express Platinum bukan sepenuhnya kartu kredit, melainkan charge card.

Charge card adalah jenis kartu yang tidak mengenakan bunga kepada transaksi yang dibuat, tetapi mengharuskan para pengguna kartu untuk membayar lunas tagihan setiap bulan. Jika tagihan tidak dilunasi maka kartu ini tidak akan dapat digunakan.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit ini, akan memperoleh points rewards yang disebut Membership Reward.

Membership Reward ini akan dapat di-convert menjadi airlines mileage atau hotel points reward. Berikut adalah conversion rate-nya:

  • 37.5 Membership Rewards = 1 GarudaMiles, KrisFlyer, Etihad, Emirates, Qatar
  • 25 Membership Rewards = 1 Hilton Honors
  • 75 Membership Rewards = 1 Jumeirah

BCA memberlakukan earning rate yang sama untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit ini, baik di dalam maupun di luar negeri, yaitu Rp1.000 = 5 Membership Reward. Wow, murah juga ya, per Rp1.000 saja sudah bisa dapat 5 Membership Reward.

Jadi kalau memperhitungkan earning dan conversion rates-nya, bisa dikatakan bahwa 1 GarudaMiles, KrisFlyer, Etihad, Emirates, atau Qatar bisa didapatkan seharga Rp7.500. Menurut Points Geek, harga Rp7.500 sudah termasuk murah. Untuk kartu kredit top tier, BCA America Express Platinum sudah patut untuk dipertimbangkan.

Selain itu, BCA juga menawarkan welcome bonus ke para peminat kartu kredit BCA American Express Platinum. Ketika sedang ada promosi, BCA menawarkan welcome bonus ke para pemegang kartu kredit BCA American Express Platinum sebesar 1.500.000 Membership Reward atau setara dengan 40.000 airlines mileage.

BCA American Express Platinum juga menawarkan convertibility yang cukup baik. Secara keseluruhan kartu kredit ini memiliki 7 transfer partners, berikut rinciannya

  • Garuda Indonesia
  • Singapore Airlines
  • Etihad Airways
  • Emirates
  • Qatar Airways
  • Hilton Group
  • Jumeirah

Convertibility ini termasuk yang paling baik diantara kartu kredit top tier lainnya. Kalau kamu merupakan penggemar berat Hilton Honors, kartu kredit BCA American Express Platinum ini patut dipertimbangkan.

Mengingat Hilton Honors tidak banyak melakukan kerja sama dengan kartu kredit Indonesia.

BACA:

Selain beberapa fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, BCA American Express Platinum juga menawarkan beberapa fitur lainnya seperti:

Unique benefits

Para pemegang kartu kredit ini akan mendapatkan beberapa benefit yang unik seperti:

    • Gratis status Gold Membership di Hilton Honors Gold
    • Gratis akses ke Tower Club di Republic Plaza Singapore
    • Benefit dan service dari American Express Platinum
    • Gratis status Jade Membership di Shangri-la Golden Circle

Airport Perks

  • BCA American Express Platinum juga menawarkan akses tidak terbatas ke beberapa lounge yang ada di airport seperti:
    • The Centurion Lounge
    • American Express International Lounge
    • Delta Sky Club Lounge
    • Airport lounge yang dapat diakses dengan Priority Pass
    • Gratis 2 minuman di Starbucks bandara, tanpa syarat.

Annual fee

BCA mengenai annual fee yang cukup bombastis kepada para pemegang kartu kredit ini, yaitu Rp. 12.000.000/tahun. Untungnya annual fee ini dapat di waive sepenuhnya kalau kamu adalah nasabah Prioritas atau Solitaire di BCA.

Syarat untuk dapat mewaive annual fee di tahun pertama adalah dengan melakukan transaksi sebesar Rp. 200.000.000 dalam waktu 3 bulan sejak kartu diaktifkan.

Untuk tahun kedua dan seterusnya, kamu harus melakukan transaksi sebesar Rp. 600.000.000 di tahun sebelum annual fee akan ditagihkan.

Bagi kamu yang bukan merupakan nasabah Prioritas atau Solitaire di BCA, maka annual fee yang dapat di waive hanya 50% atau sebesar Rp. 6.000.000.

Kesimpulan

Kartu kredit BCA American Express Platinum adalah kartu kredit yang sangat eksklusif. Dari fasilitas yang ditawarkan dapat terlihat bahwa BCA menyasar pangsa pasar yang sangat atas dengan menggunakan kartu kredit ini.

Dengan menimbang beberapa benefits yang ditawarkan oleh kartu kredit ini seperti status gratis di berbagai loyalty program, earning rate yang baik, dan juga convertibility yang cukup baik. Points Geek merekomendasikan kartu kredit ini.

Untuk detail benefitsnya, silahkan ke website ini

Informasi lain terkait loyalty program dan artikel lainnya? Yuk, baca PointsGeek!

Evelyn Baktiono

Travel Hacker and Points Geek

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Simpan dan Gunakan Visa di Grab Diskon Rp75.000

Grab dan Visa memiliki promo yang memberikan diskon ketika kamu menyimpan dan menggunakan kartu Visa di Grab. Kamu bisa mendapatkan…

9 hours ago

Cathay Pacific Rilis Angka Perjalanan Desember 2020

Cathay Pacific telah merilis angka perjalanan atau lalu lintas untuk Desember 2020 yang terus mencerminkan pengurangan kapasitas substansial maskapai. Penurunan…

9 hours ago

Menparekraf Optimis 2021 Tahun Pemulihan Ekonomi Kreatif Global

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis 2021 akan menjadi tahun dalam pemulihan…

9 hours ago

Simpan dan Gunakan Visa di Gojek Gratis Voucher Rp140.000

Visa dan Gojek memiliki promo yang memberikan kamu voucher untuk dapat digunakan di aplikasi Gojek. Kamu bisa mendapatkan diskon Rp140.000…

10 hours ago

BIG Rewards ‘Be My Valentine Deals’ Pointsback 28%

BIG Rewards memiliki promo 'Be My Valentine Deals' yang memberikan pointsback hingga 28% untuk Kamu bisa menukarkan V-Day Deals dan…

11 hours ago

Bonus 5x MAPCLUB Poin Belanja di Kidz Station

MAPCLUb memiliki promo yang memberikan bonus poin untuk setiap pembelian atau transaksi di Kidz Station. Kamu bisa mendapatkan bonus 5x…

1 day ago