Categories: AirlinesHeadline

Berapa Lama Lagi Masker Digunakan Di Bandara dan Dalam Pesawat?

Share

Masker wajah telah menjadi tanda ‘normal baru’ yang paling terlihat, terutama bagi para traveler udara ketika berapa di bandara dan pesawat.

Pemakaian masker dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar didorong oleh peraturan negara bagian, yang pada gilirannya telah berubah berdasarkan wabah COVID.

Dan sementara Qantas dan Virgin Australia mulai mengeluarkan masker untuk semua penumpang pada pertengahan tahun 2020.

Mengenakan masker tersebut pada awalnya bersifat sukarela, meskipun sangat dianjurkan, sebelum menjadi wajib saat terbang di dalam atau antara beberapa negara bagian, terutama NSW dan Victoria.

Pada 8 Januari tahun ini, ketika kekhawatiran meningkat atas varian baru COVID-19 yang terbukti jauh lebih menular daripada orang tua mereka, mengenakan masker menjadi wajib di semua penerbangan domestik.

“Memakai masker harus menjadi kewajiban dalam penerbangan domestik untuk semua orang di Australia sebagai tindakan pencegahan tambahan untuk mencegah penyebaran geografis COVID-19,” kata Komite Utama Perlindungan Kesehatan Australia (AHPPC).

“Memakai masker harus diwajibkan di area dalam ruangan di bandara domestik tergantung pada penilaian yurisdiksi.”

Akibatnya, masker sekarang harus dikenakan di semua tahap perjalanan, di bandara, di ruang tunggu bandara, dan selama penerbangan, termasuk perjalanan antara Australia dan Selandia Baru setelah gelembung perjalanan dibuka pada 19 April.

Meskipun demikian, setiap pengunjung lounge bandara baru-baru ini dapat membuktikan bahwa banyak tamu lounge tidak mengenakan masker kecuali jika didekati secara langsung oleh staf lounge.

Jadi, berapa lama masker wajah wajib digunakan oleh para penerbang?

Karena pemakaian masker sekarang diamanatkan oleh Pemerintah Federal, maskapai penerbangan dan bandara diwajibkan untuk mengikuti arahan pemerintah.

Pernyataan AHPPC tentang penggunaan masker pada penerbangan domestik tetap berlaku.

Dan juru bicara Departemen Kesehatan mengatakan kepada Executive Traveller “semua pernyataan AHPPC ditinjau secara berkala dan diperbarui bila diperlukan.”

Bahkan jika AHPPC memutuskan untuk melonggarkan persyaratan pemakaian topeng secara nasionalnya, masih ada ruang untuk variasi di negara bagian.

Selain itu, di bandara tertentu dan pada rute intra-negara bagian atau antar negara bagian, tergantung pada peraturan masing-masing negara bagian.

Ada juga ruang bagi maskapai penerbangan untuk terus mewajibkan masker wajah dalam pesawat.

Ini karena keinginan untuk memberikan kepercayaan penumpang dan ‘kehati-hatian yang berlebihan’ dalam melindungi karyawan maskapai dengan menyediakan tempat kerja yang aman.

Dilansir laman Executive Traveller, singkatnya, bahkan jika masker wajah tidak lagi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kamu di lapangan.

Perkirakan itu akan menjadi perlengkapan pengalaman terbang untuk beberapa waktu yang akan datang.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Etihad Airways Diskon Tiket Hingga 50% s/d 12 Mei 2021

Maskapai penerbangan nasional UEA, Etihad Airways, memberikan diskon hingga 50% untuk tiket pesawatnya. Diskon ini berlaku untuk liburan musim panas…

13 hours ago

Promo Pegipegi “Ketupat” Diskon Hingga 50%

Pegipegi memiliki promo Kejar Untung Berlipat 'Ketupat' yang memberikan diskon untuk hotel, pesawat, kereta, dan bus. Kamu bisa mendapatkan diskon…

14 hours ago

Anggota Qatar Privilege Club Bisa Pesan Hotel Mewah Pakai Qmiles

Anggota Qatar Airways Privilege Club sekarang dapat tinggal atau pergi dengan Qmiles, dengan peluncuran Hotel & Car Rewards. Anggota Privilege…

15 hours ago

Pesan GoFood Cashback Rp15.000 Pakai LinkAja

Gojek memiliki promo yang memberikan diskon untuk pemesanan GoFood pembayaran menggunakan LinkAja. Kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp15.000 pesan GoFood…

18 hours ago

Tukar Poin Bank Jadi GarudaMiles Bonus 50% s/d 30 Juni 2021

Garuda Indonesia memberikan bonus untuk Poin Bank uang kamu tukarkan menjadi GarudaMiles. Kamu bisa mendapatkan bonus hingga 50% untuk penukaran…

18 hours ago

Curhatan Luna Maya ke Marianne di Pulau Sumba

Travel Secrets kali ini jalan-jalan ke Sumba Barat, pada episode ini Luna Maya curhat ke Marianne tentang kehidupan. Di pulau…

2 days ago