Categories: AirlinesHeadline

Boeing 737 akan Terbang Lagi Pada Akhir Tahun?

Share

Boeing 737 MAX telah dilarang terbang secara global sejak Maret 2019, menyusul dua kecelakaan fatal.

Selama 19 bulan terakhir Boeing telah memperbaiki pesawat dan berupaya untuk mendapatkan sertifikasi sekali lagi. Ada kabar baik untuk Boeing hari ini.

Regulator global besar pertama baru saja menandatangani Boeing 737 MAX kembali ke langit.

Regulator Eropa menandatangani Boeing 737 MAX

Patrick Ky, Direktur Eksekutif Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) hari ini menyatakan bahwa dia puas dengan perubahan yang telah dilakukan Boeing pada 737 MAX.

Ini adalah pencapaian penting, tetapi meskipun demikian, 737 MAX tidak akan dapat segera kembali ke langit Eropa:

  • EASA saat ini sedang melakukan tinjauan dokumen akhir.
  • Kemudian draft kelaikan udara diharapkan akan diterbitkan bulan depan.
  • Itu akan diikuti dengan periode empat minggu untuk komentar publik.
  • Pada saat itu, pesawat tersebut akan dapat kembali memasuki layanan komersial di Eropa, yang diharapkan terjadi sebelum akhir tahun.

EASA masih menuntut peningkatan 737 MAX lebih lanjut

Sementara EASA bersedia untuk memungkinkan 737 MAX kembali ke langit, badan tersebut masih membutuhkan pengembangan sensor sintetis.

Proses pengembangannya diperkirakan memakan waktu hingga dua tahun, meski pesawat masih diizinkan terbang untuk sementara. Seperti yang Patrick Ky katakan ini:

“Analisis kami menunjukkan bahwa ini aman, dan tingkat keamanan yang dicapai cukup tinggi bagi kami. Apa yang kami diskusikan dengan Boeing adalah fakta bahwa dengan sensor ketiga, kami dapat mencapai tingkat keamanan yang lebih tinggi.”

Ini akan dibutuhkan pada 737 MAX 10 ketika debutnya pada tahun 2022, dan harus dipasang pada versi lain dari 737 MAX.

Dukungan dari regulator asing sangat signifikan

Proses sertifikasi dan investigasi 737 MAX telah mengungkap banyak hal, baik mengenai budaya perusahaan Boeing, dan juga mengenai hubungannya dengan Federal Aviation Administration (FAA) AS.

Karena 737 MAX telah menjalani proses sertifikasi, satu pertanyaan utama adalah apakah regulator asing akan mengikuti petunjuk FAA.

Dengan kata lain, bahkan jika FAA mensertifikasi 737 MAX, akankah regulator lain, mengingat bahwa mereka mengecewakan untuk pertama kalinya?

Ini tentunya merupakan pertanda baik bagi Boeing bahwa persetujuan nyata pertama datang dari regulator non-AS.

Diharapkan dalam beberapa minggu FAA juga akan membersihkan 737 MAX untuk kembali ke langit, tetapi dalam hal ini EASA merasa lebih nyaman dengan pesawat daripada FAA (setidaknya di depan umum).

Pada akhirnya, tergantung pada masing-masing regulator penerbangan untuk memutuskan kebijakan mereka.

Agaknya mereka tidak semua akan melakukan penerbangan uji coba di pesawat, jadi akan menarik untuk melihat apakah ada dukungan luas dari persetujuan FAA dan EASA, atau apa yang akhirnya terjadi.

Intinya

Regulator Eropa telah menyatakan bahwa mereka senang dengan perubahan yang telah dilakukan Boeing pada 737 MAX, dan berharap pesawat akan terbang lagi sebelum akhir tahun.

Dalam banyak hal, persetujuan dari EASA hampir lebih berharga daripada persetujuan dari FAA, memasukkan regulator non-AS ke dalam pesawat adalah langkah besar ke arah yang benar.

Dilansir laman One Mile At A Time, Sepertinya 737 MAX harus kembali ke langit Eropa sebelum akhir tahun, dan saya kira pesawat itu akan kembali ke langit AS pada waktu yang sama.

Kita lihat saja nanti, hanya waktu yang akan memberi tahu bagaimana penumpang akan merespons.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Recent Posts

7 Tips Aman Transaksi Online GoPay dan BCA

Kejahatan untuk menguras dompet digital sangat ramai saat ini, oleh karena itu kamu harus tips aman transaksi online agar terhindar…

7 hours ago

Cara Tukar Fiestapoin Jadi E-Voucher Makanan dan Minuman

Bank Mandiri memiliki cara tukar fiestapoin jadi e-voucher yang bisa membuat kamu makan dan minum semakin hemat di berbagai restoran…

8 hours ago

Harga Spesial Akses Lounge dan Prepaid Baggage Garuda Indonesia

Maskapai milik BUMN, Garuda Indonesia memberikan harga spesial akses lounge dan diskon 50% khusus prepaid baggage. Harga khusus ini diberikan…

19 hours ago

Cara Mudah Top Up Saldo OVO di Minimarket

Selain menggunakan mobile banking atau ATM, kamu juga bisa top up saldo OVO di minimarket atau gerai retail pilihan. Sebelum…

21 hours ago

Segera: Business Class Qatar Airways Boeing 787-9 Baru

Qatar Airways akan menambahkan business class suite baru ke dalam portofolio premiumnya saat Boeing 787-9 Dreamliner pertama anggota Oneworld mengudara…

22 hours ago

Cashback 30% Bayar Tiket Citilink Pakai Shopee Pay

Citilink memiliki kemudahan dalam melakukan pembayaran dengan beberapa dompet digital, salah satunya adalah Shopee Pay. Kamu bisa membayar tiket Citilink…

22 hours ago