Airlines

COVID-19: Persiapan Pesawat Lion Air Sebelum Terbang

Share

Dimasa pandemi virus corona (COVID-19), Lion Air Group mempunyai komitmen dan upaya dalam mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan pesawat.

Komitmen maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air ini, dalam upaya untuk menghilangkan penyebaran virus corona (COVID-19).

Perusahaan secara konsisten menjalankan semua perawatan pesawat sesuai dengan program secara berjadwal maupun tidak berjadwal.

Hal ini merupakan kesungguhan dalam setiap pelaksanaan operasional penerbangan, memastikan bahwa pesawat kondisi aman dan laik terbang.

Armadanya terdiri dari tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600, yang akan dioperasikan menurut kebutuhan.

Lion Air Group menjalani dengan meningkatkan fase pengerjaan yang sebagai berikut:

  1. Sterilisasi Pesawat

Menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku.

Area detail mencakup ruang kokpit, toilet (lavatory), dapur (galley), kompartemen bagasi, meja lipat pada kursi, sandaran kursi, penutup kursi bagian kepala (head cover), penutup jendela dan dinding kabin, karpet dan ruang kargo di bagian bawah kabin pesawat

  1. Kebersihan Pesawat dan Peralatan Pendukung

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC), seperti pencucian dan membersihkan (lap) badan pesawat.

Selain itu, kebersihan diberlakukan untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

  1. Pengecekan dan Pemeliharaan Komponen Pesawat

Pemeriksaan dan perawatan kinerja (performa) secara komprehensif dari seluruh komponen pesawat udara, yaitu pada mesin (preservation engine), perangkat tambahan daya (auxiliary power unit).

Selain itu, navigasi, peralatan komunikasi, hiburan dalam penerbangan (inflight entertainment), fasilitas pesawat dan lainnya yang terkait.

Lion Air Group melakukan proses pengecekan sistem sirkulasi udara pada kabin, termasuk HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter yang digunakan sebagai alat penyaring sirkulasi udara di dalam pesawat.

Ketika melakukan proses tersebut, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan.

  1. Pengecekan Pesawat Cadangan

Perawatan khusus untuk pesawat yang dipersiapkan sebagai cadangan (standby), sesuai ketentuan dari pembuat pesawat yang dikenal dengan prolong inspection.

Lion Air Group juga menjalankan program wajib pelatihan (mandatory training) bagi teknisi tetap berjalan salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis elektronik (e-learning).

Training ini fokus pada safety management system (SMS), faktor utama pada diri dalam bekerja (human factor) serta penguatan dan penyegaran kembali mengenai standar operasional prosedur (SOP).

Inilah persiapan-persiapan dari Lion Air Group sebelum terbang. Apakah kamu siap untuk terbang dalam waktu dekat selepas dari pandemi ini?

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Mudahnya Daftar BRImo Sampai Tidak Perlu ke Bank

Bank BRI memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin daftar BRImo tanpa harus ke Bank. Kamu…

58 mins ago

5 Artikel Pilihan Pointsgeek Minggu Ini ‘Nov 4’

Pada minggu keempat bulan November ini ‘Nov 4’, Pointsgeek memberikan informasi tentang artikel yang bisa…

1 day ago

AirAsia, Swab Antigen Rp35.000 dan Tes PCR Rp220.000

AirAsia memiliki harga tes untuk Swab Antigen dan Tes PCR COVID-19 mulai dari Rp35.000 untuk…

1 day ago

Kegiatan Desa Ara Bulukumba Sulsel Hadirkan Wisata Phinisi

Menparekraf Sandiaga Uno, mendorong Desa Ara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang berhasil lolos ke…

1 day ago

Diskon Tiket Kereta Api Rp100.000 Beli di Traveloka

Traveloka memiliki promo PayDay yang memberikan diskon untuk pembelian tiket Kereta Api di aplikasi Traveloka…

1 day ago

Hobi Moge, Hamil 7 Bulan Nabila Putri Jatuh dari Motor!

Hobi Moge, Hamil 7 Bulan Nabila Putri Jatuh dari Motor! Dimas Beck Shock! Hmm, gimana…

1 day ago