HEPA Filter, Teknologi yang Ciptakan Udara Bersih di Pesawat

Share

Di era new normal, semua maskapai tengah berjuang untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian, maskapai pun meningkatkan prosedur sterilisasi dan kebersihan dan menggunakan teknologi HEPA Filter yang disebut bisa menjadi senjata tangkal virus corona.

Komitmen ini dilakukan untuk memastikan kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselematan kepada seluruh penumpang, awak kabin, teknisi dan seluruh karyawan operasional terkait.

Apa itu HEPA Filter?

HEPA (High-Efficiency Particulate Air) atau penyaring partikel yang kuat. Sistem ini pun diklaim dapat menciptakan udara bersih dalam kabin pesawat.

Dilansir dari lionairgroup.com, sistem kerja HEPA filter itu menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan menyampurkannya dengan udara bersih dari luar pesawat.

Sebagian udara yang berasal dari dalam dibuang ke luar kabin, sisanya dipompa melalui alat ini.

Sementara itu, kinerja alat ini diklaim efektif dengan tingkat 99,9+% menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin.

Pesawat yang dilengkapi HEPA memiliki perputaran sirkulasi udara yang berlangsung cepat. Jadi, udara segar di kabin akan diperbarui 20 hingga 30 kali dalam satu jam.

BACA: Seberapa Risiko Terbang Selama Pandemi COVID-19?

Dikutip dari CNN, HEPA Filter juga bisa menghilangkan bau dan senyawa organic yang mungkin berasal dari degradasi oli mesin, cairan de-icing atau cairan hidrolik.

International Air Transport Association (IATA) menyatakan filter HEPA efektif menangkap lebih dari 99 persen mikroba ketika menyaring udara.

Meskipun Ada HEPA Filter, kamu tetap harus patuhi protokol kesehatan

Ketika kamu ingin berlibur dan menggunakan transportasi umum, pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, dan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan.

Jika tubuhmu dalam kondisi tidak sehat, alangkah baiknya rencana berpergianmu bisa ditunda dulu. Stay healthy!

Baca artikel lainnya di Pointsgeek.id

BACA:

(*)

Ayundayani Rosadi

View Comments

  • Mantap min dengan adanya teknologi seperti ini tidak perlu risau lagi terhadap corona

Recent Posts

7 Tips Aman Transaksi Online GoPay dan BCA

Kejahatan untuk menguras dompet digital sangat ramai saat ini, oleh karena itu kamu harus tips aman transaksi online agar terhindar…

9 hours ago

Cara Tukar Fiestapoin Jadi E-Voucher Makanan dan Minuman

Bank Mandiri memiliki cara tukar fiestapoin jadi e-voucher yang bisa membuat kamu makan dan minum semakin hemat di berbagai restoran…

9 hours ago

Harga Spesial Akses Lounge dan Prepaid Baggage Garuda Indonesia

Maskapai milik BUMN, Garuda Indonesia memberikan harga spesial akses lounge dan diskon 50% khusus prepaid baggage. Harga khusus ini diberikan…

20 hours ago

Cara Mudah Top Up Saldo OVO di Minimarket

Selain menggunakan mobile banking atau ATM, kamu juga bisa top up saldo OVO di minimarket atau gerai retail pilihan. Sebelum…

23 hours ago

Segera: Business Class Qatar Airways Boeing 787-9 Baru

Qatar Airways akan menambahkan business class suite baru ke dalam portofolio premiumnya saat Boeing 787-9 Dreamliner pertama anggota Oneworld mengudara…

23 hours ago

Cashback 30% Bayar Tiket Citilink Pakai Shopee Pay

Citilink memiliki kemudahan dalam melakukan pembayaran dengan beberapa dompet digital, salah satunya adalah Shopee Pay. Kamu bisa membayar tiket Citilink…

24 hours ago