HEPA Filter, Teknologi yang Ciptakan Udara Bersih di Pesawat

Share

Di era new normal, semua maskapai tengah berjuang untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian, maskapai pun meningkatkan prosedur sterilisasi dan kebersihan dan menggunakan teknologi HEPA Filter yang disebut bisa menjadi senjata tangkal virus corona.

Komitmen ini dilakukan untuk memastikan kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselematan kepada seluruh penumpang, awak kabin, teknisi dan seluruh karyawan operasional terkait.

Apa itu HEPA Filter?

HEPA (High-Efficiency Particulate Air) atau penyaring partikel yang kuat. Sistem ini pun diklaim dapat menciptakan udara bersih dalam kabin pesawat.

Dilansir dari lionairgroup.com, sistem kerja HEPA filter itu menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan menyampurkannya dengan udara bersih dari luar pesawat.

Sebagian udara yang berasal dari dalam dibuang ke luar kabin, sisanya dipompa melalui alat ini.

Sementara itu, kinerja alat ini diklaim efektif dengan tingkat 99,9+% menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin.

Pesawat yang dilengkapi HEPA memiliki perputaran sirkulasi udara yang berlangsung cepat. Jadi, udara segar di kabin akan diperbarui 20 hingga 30 kali dalam satu jam.

BACA: Seberapa Risiko Terbang Selama Pandemi COVID-19?

Dikutip dari CNN, HEPA Filter juga bisa menghilangkan bau dan senyawa organic yang mungkin berasal dari degradasi oli mesin, cairan de-icing atau cairan hidrolik.

International Air Transport Association (IATA) menyatakan filter HEPA efektif menangkap lebih dari 99 persen mikroba ketika menyaring udara.

Meskipun Ada HEPA Filter, kamu tetap harus patuhi protokol kesehatan

Ketika kamu ingin berlibur dan menggunakan transportasi umum, pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, dan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan.

Jika tubuhmu dalam kondisi tidak sehat, alangkah baiknya rencana berpergianmu bisa ditunda dulu. Stay healthy!

Baca artikel lainnya di Pointsgeek.id

BACA:

(*)

Ayundayani Rosadi

Disqus Comments Loading...

View Comments

  • Mantap min dengan adanya teknologi seperti ini tidak perlu risau lagi terhadap corona

Recent Posts

Indahnya Wisata Adian Nalambok Toba Sumatra Utara

Menparekraf Sandiaga Uno Meresmikan destinasi wisata Adian Nalambok di kawasan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Tempat wisata ini diharapkan dapat…

11 hours ago

Tukar 5.000 Poin MyPertamina Jadi Voucher Hop Hop Rp20.000

MyPertamina memiliki penukaran poin untuk menjadi voucher minuman dari Hop Hop yang berlaku hingga Juli 2021. Kamu bisa mendapatkan voucher…

11 hours ago

Edric Tjandra Pisah Ranjang Gara-gara Luna Maya

TS Talks episode terbaru dihadiri oleh seorang pria yang dikenal sebagai komedian dan pernah tampil di acara komedi salah satu…

12 hours ago

Top Spender Corporate Member Citilink Dapat Gratis Tiket Kemana Saja

Citilink memiliki program "Citilink Juniverse" yang memberikan keuntungan untuk top spender corporate member pada bulan Juni 2021. Kamu sebagai corporate…

1 day ago

Cathay Pacific Dapat Perpanjangan Pinjaman 14 Triliun?

Cathay Pacific menyambut baik kesepakatan Pemerintah Hong Kong SAR untuk memperpanjang periode penarikan fasilitas pinjaman HK$7,8 miliar atau sekitar Rp14…

1 day ago

Diskon 50% untuk Semua Restoran di Traveloka Eats 11-16 Juni 2021

Traveloka memiliki promo yang memberikan diskon untuk makan di semua restoran Traveloka Eats. Kamu bisa mendapatkan diskon 50% sampai dengan…

1 day ago