Airlines

Maskapai Dunia Tunda Penerbangan ke Tiongkok Karena Virus Corona

Share

Tidak hanya di Indonesia saja yang menangguhkan atau menunda penerbangan ke Wuhan, Tiongkok karena virus corona, negara-negara lain juga ikut menunda penerbangan kota tersebut, bahkan ada maskapai yang menunda ke berbagai kota di Tiongkok.

Air Canada, American Airlines, Delta Air Lines dan Lufthansa adalah maskapai terbaru yang menangguhkan penerbangan ke Tiongkok, di tengah penurunan permintaan terkait dengan kekhawatiran seputar wabah virus corona.

Air Canada akan menangguhkan semua layanan ke Beijing Capital (PEK) dan Shanghai Pudong (PVG) mulai 30 Januari hingga 29 Februari, katanya Rabu. Maskapai Star Alliance yang terbang ke kedua kota Tiongkok dari hub Toronto Pearson (YYZ) dan Vancouver (YVR), serta ke Beijing dari Montreal (YUL), menurut data jadwal Cirium.

American akan menangguhkan penerbangan hariannya antara Los Angeles (LAX) dan Beijing Capital dan Shanghai Pudong mulai 9 Februari hingga 27 Maret, kata juru bicara Nichelle Tait kepada The Points Guy, Rabu. Maskapai yang tergabung dalam Aliansi Oneworld akan terus melayani dua kota Cina dari basis Dallas / Fort Worth (DFW).

Delta akan memotong frekuensi mingguan pada enam rute ke China menjadi setengah dari 21 penerbangan seminggu pada 6 Februari hingga 30 April, kata operator yang berbasis di Atlanta, Rabu. Maskapai ini akan terus terbang tiga atau empat kali seminggu antara Beijing dan Detroit (DTW) dan Seattle (SEA), dan Shanghai dan Atlanta (ATL), Detroit, Los Angeles dan Seattle.

Pengurangan jadwal tidak memengaruhi rencana Delta untuk pindah ke bandara Beijing Daxing (PKX) pada 28 Maret.

Lufthansa, bersama dengan saudara kandungnya, Austrian Airlines dan Swiss International Air Lines, akan menangguhkan semua layanan ke China hingga 9 Februari, juru bicara Tal Muscal mengatakan kepada TPG. Lufthansa melayani lima kota di Cina – Ibukota Beijing, Nanjing (NKG), Qingdao (TAO), Shanghai Pudong dan Shenyang (SHE) – sementara Austria dan Swiss melayani Beijing dan Shanghai, jadwal pertunjukan Cirium menunjukkan.

Keputusan maskapai untuk menunda penerbangan mengikuti langkah serupa oleh British Airways dan United Airlines, yang terakhir adalah maskapai penerbangan terbesar AS ke Cina.

Pada hari Kamis, dua hari setelah pengurangan kapasitas awal, United mengumumkan apa yang disebutnya sebagai “fase kedua” dari suspensi penerbangan sementara. Maskapai Star Alliance akan mulai mengurangi empat penerbangan harian ke Beijing menjadi satu kali sehari, tiga penerbangan Hong Kong setiap hari menjadi setiap hari, dan lima penerbangan Shanghai setiap hari menjadi 10 per minggu dengan perubahan bertahap mulai dari 9 Februari hingga 23 Februari. Pengurangan terbaru akan tetap berlaku hingga 28 Maret.

Perubahan terbaru United akan membuatnya sementara melayani Beijing, Hong Kong dan Shanghai dari hanya gerbang San Francisco, untuk layanan tiga kali seminggu antara Newark dan Shanghai.

Virus Corona sangat baru dalam beberapa pandemi di wilayah Asia Timur sejak tahun 2000. Yang paling terkenal adalah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang melanda kawasan itu pada tahun 2003. Pada puncak SARS, lalu lintas maskapai Asia-Pasifik turun lebih dari sepertiga menurut badan industri penerbangan IATA.

Dalam sebuah laporan Rabu, analis Cowen Helane Becker mencatat bahwa perjalanan antara AS dan China turun dua pertiga selama SARS tetapi pulih dengan cepat begitu virus itu diatasi.

Pemerintah Tiongkok mengatakan pada hari Rabu bahwa hampir 6.000 kasus virus corona, yang berasal dari kota Wuhan, telah dikonfirmasi. Sekitar 132 orang telah meninggal karena virus.

Indonesia

Dari Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hingga saat ini belum ada pelarangan penerbangan dari dan ke Kota di China, selain kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, China.

“Jadi yang kami tutup adalah penerbangan yang dari Wuhan saja, sementara dari kota di China lainnya belum ada pelarangan. Pertimbangannya belum ada pernyataan kebahayaan dari WHO,” sebut Menhub.

Namun demikian, Menhub menjelaskan ada prosedur-prosedur tertentu yang diterapkan kepada penumpang dan awak pesawat dari penerbangan internasional , termasuk dari negeri China yang datang ke Indonesia.

Berikut daftar maskapai yang menangguhkan penerbangan pada 30 Januari:

Air Canada: Semua penerbangan ke/dari Tiongkok ditangguhkan mulai 30 Januari hingga 29 Februari.

Air France: Semua penerbangan ke/dari Tiongkok ditangguhkan sampai 9 Februari.

American: Semua penerbangan antara Los Angeles dan Beijing serta Shanghai ditangguhkan dari 9 Februari hingga 27 Maret.

Austrian: Semua penerbangan ke/dari China ditangguhkan hingga 9 Februari.

British Airways: Semua penerbangan ke/dari Tiongkok ditangguhkan hingga 31 Januari, situasi akan bisa dinilai kembali setelah tanggal tersebut.

Delta: Mengurangi penerbangan ke Tiongkok hingga setengah menjadi 21 penerbangan dalam seminggu dari 6 Februari hingga 30 April.

Lufthansa: Semua penerbangan ke/dari Tiongkok ditangguhkan hingga 9 Februari.

Swiss: Semua penerbangan ke/dari China ditangguhkan hingga 9 Februari.

United: 24 penerbangan ke Tiongkok ditangguhkan dari 1-8 Februari, dan penurunan penerbangan menjadi 24 dalam seminggu dari 12 dalam sehari (84 perminggu) dari 9 Februari hingga 28 maret. Pengurangan ini berimbas pada penerbangan ke Beijing, Hong Kong dan Shanghai.

Virgin Atlantic: Semua penerbangan ke/dari Tiongkok (Shanghai) ditangguhkan dari 2-16 Februari.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Cathay Gunakan Bahan Bakar Rendah Emisi di Tahun 2030

Cathay Pacific berkomitmen untuk menggunakan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan untuk 10% dari total konsumsi bahan…

18 hours ago

UN1TY Bakal Collabs dengan BTS dan Blackpink?

UN1TY bakal collabs dengan BTS dan Blackpink? Luna & Marianne support banget! Kira-kira akan terwujud…

19 hours ago

Boeing Buka Pabrik Perakitan Pesawat di Australia

Boeing dalam kemitraan dengan Pemerintah Queensland, Australia telah memilih Toowoomba sebagai lokasi pilihan. Pilihan lokasi…

21 hours ago

Airbus Uji Coba Penerbangan Paling Hemat Energi?

Airbus, Air France dan DSNA, Penyedia Layanan Navigasi Udara Prancis (ANSP), telah mulai bekerja menuju…

22 hours ago

Citilink Raih Bintang 5 Keamanan COVID-19 Skytrax

Citilink adalah maskapai penerbangan bertarif rendah kedua di dunia yang disertifikasi dengan Peringkat Keamanan Penerbangan…

22 hours ago

Diskon Rp50.000 di Traveloka Eats Pakai Mandiri

Bank Mandiri memiliki promo yang memberikan diskon untuk pembelian makanan di Traveloka Eats menggunakan kartu…

2 days ago