Airlines

Melihat Fasilitas Transit Bandara Changi Singapura

Share

Penumpang yang transit melalui Bandara Changi dapat mendapatkan pengalaman baru yang telah telah dirancang untuk melindungi kesehatan dan keselamatan penumpang dan pekerja dengan nyaman.

Pekerja bandara yang melayani penumpang transit diberi pengarahan setiap hari sebelum giliran kerja mereka dan diingatkan tentang praktik dan langkah-langkah aman yang akan diterapkan.

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura telah mengundang maskapai penerbangan untuk mengajukan proposal mereka untuk jalur transfer melalui Bandara Changi.

Proposal akan dievaluasi dengan mempertimbangkan keselamatan penerbangan, pertimbangan kesehatan masyarakat, serta kesehatan penumpang dan awak pesawat.

Penumpang yang tertarik untuk terhubung melalui Bandara Changi untuk mencapai tujuan akhir, harus berkonsultasi dengan maskapai tentang pilihan yang tersedia.

Proses Transit

Setibanya di Bandara Changi, kamu  akan bertemu dengan staf bandara dan dipandu ke Transit Holding Area (THA) di terminal tempat kamu akan berangkat penerbangan berikutnya.

Di THA, kamu dapat menikmati tempat duduk yang nyaman sambil menunggu penerbangan berikutnya.

Transit Holding Area (THA). Foto: Changi.

Fasilitas lain di THA termasuk area tidur siang, tempat perawatan, tempat bermain untuk anak-anak, stasiun internet dan wi-fi gratis.

Transit Holding Area (THA), Bandara Changi Singapura. Foto: Changi.

Kamu akan dapat membeli makanan ringan, dan minuman dari mesin penjual otomatis atau kios di tempat.

Mesin penjual otomatis. Foto: Changi.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk layanan pengiriman makanan, termasuk opsi halal, dari outlet F&B bandara tertentu.

Aplikasi layanan pengiriman makanan. Foto: Changi.

Kamu juga akan dapat melakukan pembelian bebas pajak menggunakan layanan belanja concierge.

Produk yang ditawarkan termasuk yang dijual oleh Shilla Cosmetics and Perfumes, dan Gift by Changi Airport. Setelah barang kamu siap, mereka akan dikirim ke THA.

Produk bea dan bebas pajak juga tersedia untuk penumpang di THA dengan lebih dari 12 jam sebelum penerbangan keberangkatan mereka. kamu dapat berbelanja di situs web e-commerce Bandara Changi, iShopChangi, dan mengirim barang kamu ke THA.

Saat tiba waktunya untuk penerbangan keberangkatan, staf bandara akan memandu kamu dari THA ke pintu gerbang untuk pemeriksaan dan boarding keamanan.

Untuk penumpang premium maskapai penerbangan, ruang tunggu tertutup terpisah di THA akan disediakan, dengan makanan dan minuman yang disajikan untuk kamu.

Bergantung pada kebijakan maskapai, penumpang yang memenuhi syarat juga dapat menggunakan lounge maskapai selama waktu transit mereka.

Lounge Changi. Foto: Changi.

Memastikan Lingkungan Aman bagi Penumpang dan Staf

Keselamatan penumpang adalah prioritas utama di Bandara Changi. Saat transit melalui Changi, pihak bandara telah menerapkan langkah-langkah keamanan di setiap tahap perjalanan untuk melindungi penumpang dan staf bandara.

Ada suhu yang masuk di pintu masuk THA, dan hanya penumpang transit dan staf bandara resmi yang bisa masuk. Siapa pun dengan suhu tinggi atau yang tampak tidak sehat akan dirujuk untuk perawatan medis.

Cek Suhu di Bandara. Foto: Changi.

Semua penumpang harus memakai masker wajah dan mematuhi penanda jarak yang aman.

Kursi di THA disedot dan dibersihkan secara teratur dengan disinfektan. Permukaan yang sering disentuh seperti stasiun pengisian daya, meja, dan taman bermain telah disemprot dengan lapisan anti-mikroba anti-mikroba yang tahan lama yang mengurangi risiko penularan virus.

Karpet dibersihkan setiap hari oleh robot pembersih otonom yang dilengkapi dengan filter HEPA yang menangkap partikel-partikel halus, termasuk debu dan serbuk sari, sambil membersihkan debu. Selain itu, pihak Changi telah mengerahkan robot pembersih otonom yang dilengkapi dengan mesin gerimis yang membersihkan karpet setelah dibersihkan.

Banyak sanitiser tangan tanpa kontak tersedia untuk digunakan dalam THA.

Sanitiser. FOto: Changi.

Toilet di dalam THA sering dibersihkan dan didesinfeksi dan dilengkapi dengan keran air yang diaktifkan sensor otomatis. Memasuki dan keluar dari kamar kecil juga merupakan proses tanpa kontak.

Staf bandara yang bekerja di THA harus menggunakan masker wajah, pelindung wajah, dan sarung tangan. Setiap staf akan mengukur suhu mereka sebelum memasuki area tersebut.

Pada awal masing-masing shift mereka, semua staf bandara yang bekerja di THA harus melalui daftar periksa komprehensif langkah-langkah keselamatan, dan memastikan kepatuhan.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Hemat 100% Bayar Tokopedia dan JD.ID Pakai Citi Rewards Points/Miles

Citibank memiliki penukaran Citi Rewards Points atau Citi Miles jadi potongan langsung transaksi di Tokopedia…

40 mins ago

Cashback 30% Transaksi di Shopee pakai Kartu BCA

BCA memiliki promo yang memberikan cashback untuk transaksi di Shopee menggunakan kartu BCA. Kamu bisa…

59 mins ago

Beli Voucher Gojek Rp10.000 Dapat Diskon Ratusan Ribu

Gojek memiliki promo spesial Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang memberikan diskon untuk pembelian voucher diskon…

1 hour ago

Traveloka ‘Halloweats’ Diskon Resto s/d Rp100.000

Traveloka memiliki promo 'Halloweats' yang memberikan diskon untuk pemesanan kamu di restoran pilihan yang ada…

2 hours ago

Di Las Vegas Luna Maya Halu BTS dan Michael Jackson

Di Las Vegas Luna Maya halu BTS dan Michael Jackson? Halunya kayak gimana ya? Melanjutkan…

10 hours ago

Cara Baru Belanja Bersama Cathay ‘Miles Plus Cash’

Cathay dengan senang hati memperkenalkan pengalaman belanja online baru kepada pelanggannya. Cara ini memungkinkan meningkatkan…

19 hours ago