Tips and Tricks

Menyusun Liburan Sendiri, Open Trip atau Pakai Travel Agent?

Share

Setelah menghabiskan rutinitas setiap hari yang itu-itu saja, seperti sibuk bekerja, diam di rumah atau meeting ke sana ke mari, ada baiknya kamu rehat sejenak dan menyusun rencana liburan untuk refreshing jiwa dan raga. Liburan pakai travel agent? Atau susun rencana sendiri?

Bagi sebagian orang, liburan menjadi moment yang sangat dinantikan. Oleh karena itu, menentukan tujuan dan menyusun itinerary harus dipersiapkan dengan matang. Liburan ke dalam negeri atau luar negeri? Itu pilihan dan tidak jadi keharusan. Tapi perencanaan liburan, bisa kamu persiapkan dari sekarang.

Menyusun perencanaan liburan bisa dibuat sendiri, ikut open trip atau mencari travel agent yang budgetnya cocok. Namun, sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu, benefit apa saja yang bisa didapatkan dari masing-masing pilihan tersebut.

Menyusun Liburan Sendiri

Unsplash

Menyusun liburan sendiri katanya lebih mudah dan lebih murah. Apakah benar? Sebelum memutuskan menyusun liburan sendiri, kamu benar-benar harus memperhatikan budget untuk akomodasi, transportasi, dan lain-lainya. Terkadang, pergi sendirian juga membuat kita mengeluarkan banyak uang, sebab kita punya kebebasan akan waktu dan tempat tujuan.

Jika kita berpergian tanpa travel agent, maka kita harus mencari tahu tempat apa saja yang akan dikunjungi, apa transportasi yang digunakan, dan menentukan rundown perjalanan agar tidak ngaret atau tepat waktu.

Pakai Travel Agent

Unsplash

Berpergian dengan travel agent, bukan berarti biayanya akan lebih mahal. Namun, destinasi tempat yang akan dituju, tentu sudah ditentukan. Jika berpergian dengan travel agent, kamu tidak bisa bebas menentukan ke mana akan berpergian. Menariknya lagi, jika berpergian dengan travel agent, maka kamu akan mendapatkan banyak informasi dari pemandu wisata.

Penggunaan jasa travel agent ini sangat menguntungkan jika kamu pergi dengan keluarga besar atau reunian sekolah satu angkatan. Travel agent akan membantu manajerial waktu di tiap tempat dan mendokumentasikan segala aktivitas wisatawan-nya.

Lalu bagaimana dengan penginapan, transportasi dan lain-lain? Dengan travel agent, kamu tinggal terima beres dan nikmati perjalanan wisata saja. Namun biasanya, kamu harus melakukan pembayaran 50% terlebih dahulu, lalu sisa pembayarannya dapat dilakukan pada Hari H atau setelah waktu traveling berakhir.

Open Trip

IG: @indo_ngetripyuk

Istilah open trip ini tengah popular di kalangan pelancong kekinian. Open trip ini adalah perjalanan ke satu destinasi yang kuota dan paket wisatanya telah ditentukan. Biasanya, peserta open trip ini tidak saling kenal karena paket wisatanya terbuka untuk umum. Nah, kalau kamu senang berkenalan dengan orang baru, open trip bisa jadi pilihan.

Selain bisa bertemu dengan teman baru, biaya traveling untuk open trip ini bisa terbilang jadi lebih murah. Hal tersebut dikarenakan pihak travel kenal dengan pihak akomodasi atau transportasi, sehingga harga yang ditawarkan untuk rombongan memang jadi lebih murah.

Nah, Untuk kamu yang ingin menikmati suasana liburan yang unik dan baru seperti ini, open trip bisa kamu coba jadi pilihan!

Kalau kamu perdah traveling dengan open trip, silakan Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar. Kalau mau baca artikel lainnya, bisa kunjungi Pointsgeek.id

Ayundayani Rosadi

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Festival Tukar Tambah Tokopedia Diskon s/d Rp5 Juta Pakai BCA

Bank BCA memiliki program 'Festival Tukar Tambah Tokopedia' yang memberikan diskon untuk tukar elektronik menggunakan…

1 hour ago

Garuda Indonesia September End Deal Diskon 30% s/d 3 Okt

Garuda Indonesia memiliki promo 'September End Deal' yang memberikan diskon untuk tiket. Kamu bisa mendapatkan…

2 hours ago

Citilink ‘Festival Akhir Bulan’ September 2021

Citilink memiliki promo 'Festival Akhir Bulan' yang memberikan diskon untuk tiket penerbangan. Kamu bisa mendapatkan…

17 hours ago

Rekomendasi Tempat Piknik yang Lagi Hits

Piknik bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan saat liburan, terutama buat kamu yang sudah jenuh…

19 hours ago

Boeing: China Butuh 8.700 Pesawat Baru Pada Tahun 2040

Boeing memperkirakan bahwa maskapai penerbangan China akan membutuhkan 8.700 pesawat baru pada tahun 2040, senilai…

20 hours ago

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh?

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh? Wah gimana perasaan mereka berdua ya?…

1 day ago