Review

Review Batik Air A320

Share

Batik Air merupakan anak perusahaan dari Lion Air, didirikan pada tahun 2012. Pada tahun 2013, airlines ini membuka rute perdananya, Jakarta – Manado dan Jakarta – Yogyakarta. Walaupun merupakan anak perusahaan dari Lion Air, tetapi apakah Batik Air memberikan service yang sama?

Pada tanggal 28 Juni 2019 kemarin, saya berkesempatan untuk terbang bersama Batik Air dengan rute Jakarta – Kupang. Ini merupakan pengalaman pertama saya terbang bersama Batik Air dan saya tidak tahu what to expect. Berikut review Batik Air PointsGeek.

Batik Air A320

Flight Review

  • Nama Airlines: Batik Air
  • No Penerbangan: ID 6548
  • Jenis Pesawat: Airbus 320
  • Rute: Jakarta (CGK) – Kupang (KOE)
  • Tanggal: 28 Juni 2019
  • Waktu Berangkat: 08:40
  • Waktu Tiba: 12:40
  • Durasi Penerbangan: 3 Jam

Check in and Ground Experience

Saya akan memulai review Batik Air dengan sampai di airport Soekarno Hatta terminal 2 sekitar pukul 6:00 pagi. Pada hari itu, keadaan terminal 2 sudah cukup ramai. Saya langsung bergegas untuk mengantri di security line. Begitu selesai dengan security line, saya langsung menuju counter Batik Air. Counter sudah terlihat cukup ramai.

Batik Air memiliki check in system yang cukup jelas, bagi yang solo traveler ada check in counternya sendiri dan bagi yang group traveler ada check in counternya terpisah. Hal ini mempercepat proses baggage drop, walaupun saya masih menghabiskan waktu yang cukup lama di check in counter Batik Air. Dan jangan lupa untuk melakukan online check in, minimal 4 jam sebelum jadwal penerbangan kamu.

Untungnya untuk penerbangan domestik tidak perlu melewati imigrasi, jadi setelah selesai dengan seluruh proses check in, bisa langsung nyantai-nyantai di gate sambil menunggu proses boarding.

Hard Product

Tidak lama setelah saya sampai di gate, Batik Air memulai proses boarding. Jenis pesawat yang saya naiki adalah Airbus 320, hanya terdiri dari kabin ekonomi dengan formasi kursi 3-3 dan kapasitas 168 orang. Pesawatnya terlihat sangat terawat dan bersih.

Batik Air A320, Kabin Ekonomi 3-3

Saya duduk di baris 11, 11F lebih tepatnya. Baris 10 dan 11 merupakan barisan yang berada di emergency exit. Dengan demikian, saya mendapati legroom yang lebih luas dibandingkan jika saya duduk di baris lainnya. Ini merupakan salah satu kelebihan online check in, kalian dapat memilih posisi duduk kalian terlebih dahulu. Uniknya, jika kalian ingin duduk di emergency exit seperti saya, Batik Air tidak mengenakan biaya tambahan. Kursinya juga cukup lebar dan nyaman untuk diduduki selama 3 jam perjalanan.


Batik Air – 11F


Batik Air Legroom

Sepanjang perjalanan, saya ditemani oleh in flight entertainment. Untuk ukuran penerbangan domestik, in flight entertainment Batik Air bisa dibilang cukup baik, ukuran monitornya cukup besar dan dilengkapi dengan fitur touch screen. Sayangnya, in flight entertainment Batik Air tidak didukung oleh pilihan film yang updated. Walaupun pilihan filmnya cukup banyak, tapi banyak didominasi oleh film-film lama. Batik air juga tidak menyediakan earphone, jadi bagi kalian yang lupa membawa earphone, kalian harus membeli earphone yang dijual oleh Batik Air atau menonton film tanpa suara.

Batik Air – IFE

Soft Product

Beberapa saat setelah tinggal landas, Batik Air memulai service. Para pramugari yang bertugas memulai food service, menu pada hari itu adalah antara nasi kuning atau mie goreng. Saya memilih nasi kuning. Menurut saya, makanan yang disajikan cukup standard, untuk ukuran makanan pesawat. Porsinya tidak terlalu besar, nasinya sedikit keras, tetapi lauk yang disajikan cukup enak. Para pramugari yang melayani pada hari itu juga bisa dibilang cukup ramah.

Overall

Pengalaman pertama saya dengan Batik Air bisa dibilang cukup memuaskan. Beberapa hal yang ingin saya tekankan adalah

  • Pelayanan yang baik
  • Keadaan pesawat yang terawat dan bersih
  • In flight entertainment yang baru dan modern
  • Kursi yang cukup besar dan nyaman dengan legroom yang cukup memadahi

Saya cukup merekomendasikan Batik Air, pelayanannya yang memuaskan dikombinasikan dengan hard product yang baik, telah berhasil memenangkan hati saya. Rekomendasi saya adalah untuk meningkatkan kepuasaan kalian, coba pilih posisi duduk di baris 10 dan 11 (di barisan emergency exit).

Mau tahu artikel tentang points-hacking lainnya. Simak terus di PointsGeek!

Evelyn Baktiono

Travel Hacker and Points Geek

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

China Airlines Selesaikan Pesanan 24 Boeing 787 Dreamliners

Boeing dan China Airlines mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pesanan hingga 24.787 Dreamliner. Hal ini…

9 hours ago

Boeing Kirim Pesanan 737-800 BCF ke-100 ke AerCap

Boeing dan AerCap mengumumkan pengiriman pesanan dari 737-800 Boeing Converted Freighter 'BCF' kontrak ke-100 kepada…

1 day ago

easyJet Tingkatkan Armada A320 Dengan DPO

easyJet akan meningkatkan armada A320 Family-nya dengan “Descent Profile Optimisation” (DPO) Airbus. DPO dapat peningkatan…

1 day ago

AirAsia Buka Lagi Penerbangan Rute Kuala Lumpur ke…

AirAsia kembali melayani penerbangan internasional di Banda Aceh, Padang dan Pekanbaru dengan membuka rute ke…

1 day ago

Arti Open Relationship di Mata Erika & Rachel Venya

Bahas soal open relationship, Eri Carl saranin Rachel Vennya balikan sama Okin? Hmm, kira-kira apa…

1 day ago

TGIF Garuda Indonesia Diskon Tiket Rp400.000

Garuda Indonesia TGIF kembali lagi dengan diskon tiket untuk penerbangan domestik menggunakan kartu kredit bank…

1 day ago