[Review] First Class Garuda Indonesia Jakarta – Tokyo

2
360

Terbang ke Jepang naik First Class merupakan salah satu cara saya untuk merasakan service dari Garuda Indonesia. Garuda Indonesia memiliki 3 tujuan untuk First Class yaitu Jeddah, London, dan Tokyo. Ketiga tujuan ini menggunakan pesawat Boeing 777 300ER.

Namun sekarang ini, rute first class GA hanya ada pada penerbangan ke Tokyo (Jakarta – Haneda dan Bali – Narita). Sedangkan untuk penerbangan Jakarta – Jeddah dan Jakarta – London sudah tidak ada.

Untuk rute domestik, penerbangan first class tersedia pada rute Jakarta – Bali (rabu, jumat, minggu) di bulan September dengan harga Rp10.005.300.

Sebetulnya Garuda Indonesia menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan airlines lainnya. Karena saya orang Indonesia, jadi ingin merasakan airlines nasional yang dimiliki karena kebanggaan saya terhadap Indonesia. Mengenai services, masih banyak yang lebih baik dari Garuda Indonesia, namun Indonesia tidak kalah saing dengan airlines tersebut.

Overall cukup menarik pelayanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia. Saya habis booking tiket, terus pihak Garuda Indonesia menanyakan lewat email mau makan apa? Mereka juga menawarkan mau dijemput atau tidak? kalau dijemput jam berapa?

Menu Pilihan untuk di Pesawat (Dikirim lewat email)

Jadi fasilitas dan pelayanan seperti penjemputan di rumah membuat saya menjadi lebih nyaman ketika naik First Class Garuda Indonesia. Bahkan ketika waktu penjemputan, driver yang menjemput datang 30 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan.

Terus ketika sampai airport, sudah ada yang menunggu di depan first class terminal 3, selanjutnya pihak Garuda Indonesia langsung mengantar kita masuk ke dalam, dibawain semua barangnya, habis itu kami masuk dan check in di bandara, terakhir diantar ke lounge.

Di lounge, terdapat menu makanan yang cukup menggugah selera, dari menu nusantara sampai western, tersedia di sini. Bahkan ada pilihan buah jika kamu tidak ingin makan-makanan yang berat.

Lounge First Class Garuda Indonesia

Makanan di Lounge First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

Pelayanan di bandara tanpa harus mengantre membuat saya kagum, biasanya airlines lainnnya cuma kasih fast pass, namun Garuda Indonesia memberikan pelayanan dengan mengantar ke lounge, lalu passpor kita di bawa mereka untuk antre ke imigrasi. Jadi, kita hanya melewati imigrasi tanpa harus antre seperti penumpang lainnya.

Namun di Jepang fasilitas tersebut tidak ada, servis tersebut hanya dirasakan ketika keberangkatan dan kedatangan di Indonesia. Jadi, servis untuk first class biasanya paling baik ketika di home based airlines.

Kabin First Class Garuda Indonesia

Berbicara tentang kabin, First Class ini memiliki kursi yang cukup privasi dengan pintu yang dapat di buka dan tutup dengan manual. Selain itu, terdapat layar entertainment yang cukup besar untuk menunjang hiburan selama perjalanan. Toilet di pesawat GA874 untuk penumpang first class juga lumayan luas, ditambah ada kaca yang cukup besar untuk menunjang ketika merapikan diri.

Ketika malam hari, kabin First Class menjadi lebih menarik untuk dilihat, tidak hanya berwarna krem saja, tapi langit-langit kabin berubah layaknya langit di malam hari. Ada lampu yang mirip dengan bintang-bintang di angkasa, hal ini cukup membuat saya merasa nyaman ketika ingin istirahat.

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia memiliki pelayanan ketika berada di udara yang tidak ada di airlines lain. Salah satunya adalah memakaikan sleeper dengan cara yang elegan.

Kru kabin memakaikan sleeper dengan cara mencopotkan sepatu secara elegan. Pada kru kabin Garuda Indonesia, memberikan sleeper service itu tidak segampang mencopotkan dan memasangkan sleeper, ada teknik khusus dari awak kabin yang membuat mereka tetap terlihat elegan atau berwibawa.

Lanjut berbicara menu ketika berada di udara. Garuda Indonesia memberikan pelayanan kelas atas dengan berbagai macam pilihan menu makanan dan minuman. Terdapat menu Pre Dining berupa Caviar yang disajikan dengan kerupuk dan krim.

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

First Class Garuda Indonesia

Menu Pre Dining (Caviar) 

First Class Garuda Indonesia

Pesan Penerbangan dengan Award Ticket

Untuk melakukan penerbangan first class dengan Garuda Indonesia, kamu harus cek ketersediaan terlebih dahulu. Ketika kursi first class tersedia, tinggal telepon atau datang ke kantor Garuda untuk booking.

Pada penerbangan ini, saya memesan tiket 1 minggu atau kurang dari itu, bahkan saya juga pernah memesan di hari keberangkatan atau satu hari sebelumnya.

Kalau berbicara menggunakan award ticket berarti akan ada pertanyaan, “Berapa miles yang dibutuhkan untuk menukar award ticket first class pada penerbangan Jakarta-Tokyo?”. Jawabannya adalah saya menukarkan 60.000 GarudaMiles perorang untuk terbang first class Jakarta-Tokyo.

Namun saat itu saya dapat penukaran dengan nilai tersebut ketika ada promo penukaran miles. Jadi nilai Award Ticket sebenarnya adalah sekitar 90.000 GarudaMiles. Sedangkan untuk pajak dan biaya lainnya sekitar Rp1 jutaan per orang.

Bila dilihat di situs web Garuda Indonesia, penerbangan First Class untuk rute Jakarta –  Tokyo Jepang adalah sekitar Rp33 juta.

Airlines dengan kabin first class dari Jakarta untuk tujuan ke Jepang tidak banyak yang punya, Garuda Indonesia adalah salah satunya. Jadi, hanya JAL dan Garuda Indonesia yang mempunyai first class rute Jakarta-Tokyo.

Kalau dibandingkan antara JAL dan Garuda Indonesia, yang lebih baik dalam hal pelayanan First Class-nya adalah Garuda Indonesia, karena merupakan Home Based.

Akhir Cerita

Ketika berada di penerbangan Garuda Indonesia GA874, saya merasakan hal yang sangat menarik, yaitu kabin first class kosong jadi seluruh kabin hanya untuk saya sendiri, sehingga saya memilih tempat duduk yang dekat jendela saat lepas landas dan mendarat. Namun saat sarapan dan tidur, saya memilih di kursi bagian tengah.

Seperti biasa, layanan dari ground check-in, imigrasi jalur cepat, menu masakan on-board, dan semua cara untuk pelayanan ketika mendarat sangat baik sekali. Terima kasih kepada kru kabin Kurniasih (yang kebetulan adalah fotografer hebat), kru kabin Sharly, Chef Jojo dan kepala kru kabin, Nurdiningsih yang telah membuat penerbangan kami menjadi berkesan.

Mau tahu tentang points-hacking dan artikel lainnya, simak terus di PointsGeek!

Recomendation
apply kartu kredit via pointsgeek

2 COMMENTS

  1. Hi apa betul taxnya cuman 1 jutaan perorang? 1 way? setahu saya tax Garuda itu relatif lebih mahal dibanding SQ, apalagi untuk first class.

  2. Pilihan champagne-nya sangat bagus ternyata. Dulu pernah dengan Billecart Salmon Rose, sekarang sudah pakai Billecart Salmon Vintage 2006.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here