Review KA Taksaka Kelas Luxury

0
504

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan kereta mewah jenis sleeper yang disebut kelas Luxury generasi 1 atau 2. Nah, pada artikel ini, Pointsgeek berkesempatan untuk menikmati pengalaman naik Kereta Luxury di KA Taksaka kelas Luxury generasi satu.

Kereta kelas Luxury 1 yang kami tumpangi ini, berangkat dari Stasiun Gambir pada 10 Januari 2020 pukul 21:30 WIB dan tiba pada 11 Januari 2020 pukul 05:02 WIB. Kurang lebih sekitar 7 jam 30 menit kami menghabiskan waktu di kereta kelas luxury ini. Bagaimana pengalamannya? Dan Apa saja aktivitas yang didapatkan? Simak reviewnya sampai selesai ya.

Cara pemesanan

Untuk KA Taksaka rute Gambir-Yogyakarta pada tanggal di atas, kami membayar Rp1.050.000/ seat. Kami melakukan pemesanan melalui salah satu online travel agent yaitu Traveloka. Selain di Traveloka, kamu juga dapat memesan KA luxury class ini di Tiket.com, bukalapak, pegipegi  dan KAI Access. 

Ruang tunggu luxury class di Stasiun Gambir

Ketika tiba di stasiun keberangkatan, kami tidak diarahkan ke rang tunggu kelas luxury. Padahal, tulisan di Tiket kami sudah menunjukkan ‘luxury’. Alhasil, dengan inisiatif sendiri, kami bertanya. “Pak, ruang tunggu luxury-nya di mana ya?”

 

Hmm, ketika tiba di ruang kelas luxury, kita agak sedikit kaget karena tidak ada satpam yang berjaga di depan pintu. Kami pun tinggal masuk aja ke ruangan tersebut, tanpa perlu pengecekan. Lalu di dalamnya terdapat sofa yang lumayan banyak, ac dan minuman hangat. Sayangnya, hanya ada stop kontak 1 muah di ruangan itu. Jadi agak susah jika ingin mengisi baterai handphone atau laptop.

Gerbong KA Taksaka kelas luxury

KA Taksaka kereta ekskutif Gambir – Jogja memiliki 9 gerbong eksekutif, 1 restorasi dan 1 gerbong luxury. Untuk Posisi keberangkatan dari Gambir, gerbong Taksaka kelas luxury berada di paling belakang dan di paling depan (berangkat dari Yogyakarta). Eksterior gerbong luxury dibalut dengan livery warna emas. 

Interior Luxury Class

Gerbong KA Taksaka kelas luxury ini memang terlihat mewah, private dan sangat nyaman. Semua kursinya elektrik dan terdapat fitur pengaturan legrest, reclining seat & leg rest, dikendalikan menggunakan tombol. Kursinya juga dapat direbahkan hingga 130-140 derajat dan lantai gerbong didominasi oleh alas kayu. 

Kenapa sangat private? Sebab formasi seatnya 1 dan 1. Lalu terdapat satu toilet dengan Fasilitasnya kloset duduk, wastefel, tissue dan cermin. Selain itu, ada pramuniaga yang standby untuk melayani penumpang Taksaka kelas luxury.

Di samping tempat duduk, terdapat 3 colakan, 1 lampu baca dan satu box penyimpanan dengan kunci. Terdapat fooldable food tray (meja makan lipat), bantal, selimut, handuk wajah, dan train attendance button di setiap kursinya (untuk memunggil pramugara/i)

Minuman dan makanan ringan

Di setiap tempat duduk disediakan air mineral 330 ml, makanan ringan, dan kopi atau teh hangat.

Makanan ringan di kereta taksaka luxury

Bagaimana dengan makanan beratnya? Meskipun kami melakukan perjalanan di malam Hari, ternyata kami tetap diberikan satu paket makanan yang di dalamnya ada nasi, ayam dan savuran. Untuk rasa? Lumayan enak.

Makanan Kereta Taksaka Luxury

Service dan hiburan di Taksaka kelas luxury

Penumpang Taksaka kelas luxury dapat menikmati hiburan Audio Video on Demand (AVOD) mulai dari film, musik, games, rute perjalanan, info wisata, dll. Tapi sayangnya, semua hiburan itu tidak dapat kami nikmati, dikarenakan sinyal wifinya lambat.

Entertainment Kereta Luxury Taksaka

Tapi ada service yang menghadirkan kenyamanan di pagi hari, ketika pramugara/i menyediakan handuk hangat yang bisa digunakan untuk mengelap wajah atau tangan.

Handuk hangat di pagi hari taksaka luxury

Seperti itu kurang lebih review kami setelah menumpangi KA Taksaka kelas luxury. Berikut kami rangkum plus minusnya ya.

Kursinya sekilas mirip dengan

Garuda Diamond Seat sumber :
Garuda Diamond Seat sumber : flightzona.com

Plus:

  • Nyaman, sangat privasi karena seatnya 1 1
  • Perjalananan jauh jadi tidak berasa, karena kursi dapat direbahkan seperti tempat tidur
  • Toiletnya bersih
  • Di sediakan handuk refresh menjelang tiba

Minus

  • Tidak ada penjagaan di ruang luxury class
  • Tidak tersedia wifi khusus ruang tunggu/ gerbong kereta luxury class
  • Colokan / stop kontak terbatas
  • Posisi seat berlawanan, pastikan memesan seat di barisan A jika kamu berangkat ke Yogyakarta. Dan pesan seat di barisan B jika kamu akan ke arah Jakarta agar makin nyaman karena posisi seat searah jalannya kereta.

Perjalanan dari Gambir ke Yogyakarta terasa menyenangkan dan nyaman dengan KA Taksaka kelas luxury. Kami sudah coba, apakah kamu tertarik untuk coba juga?

Recomendation
apply kartu kredit via pointsgeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here