Site iconSite icon Points Geek

Situasi Bandara Bali & Antrean Kedatangan Sudah Normal

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali libur nataru wisata Angkasa PuraBandara I Gusti Ngurah Rai Bali libur nataru wisata Angkasa Pura

Media asing yang melaporkan antrean bandara bali yang sangat padat dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk keluar bandara sudah normal.

Berikut laporan dari media asing Loyalty Lobby

Dengan senang hati saya laporkan bahwa saya dapat melakukan percakapan mendetail dengan Pihak Imigrasi & Pemerintah Bandara Denpasar-Bali Ngurah Rai di mana saya mengalami antrean yang sangat panjang pada Jumat lalu.

Menurut Kepala Imigrasi di bandara, yang dapat memberi saya data kedatangan saat ini, pihak berwenang sedang bekerja keras untuk memperbaiki situasi, termasuk membuka lebih banyak loket staf.

Jumat lalu tampaknya merupakan hari yang sangat sibuk dengan hampir 9000 kedatangan dan ada beberapa waktu puncak yang dapat kami sosialisasikan sambil melihat jumlah pasti dan kapasitas imigrasi.

Kedatangan Internasional selalu diperpanjang melalui periode waktu antara 08:00-23:55, berdasarkan frekuensi operator dan rute yang baru dilanjutkan.

Banyak di antaranya melayani penerbangan feeder dari kedatangan jarak jauh di Singapura, Bangkok dan Kuala Lumpur (antara lain).

Berikut adalah artikel saya dari hari Jumat di mana saya menggunakan layanan kedatangan Pramutamu yang disediakan layanan penanganan lokal Gapura.

BACA: Media Asing Beritakan Lamanya Antrian di Bandara Bali

Masalahnya adalah, bahwa selama waktu puncak sayangnya saya memukul – dengan Thai Airways tiba pada 14:43 – masih ada lebih dari seribu orang yang memenuhi ruang kedatangan dengan tiga tahap.

Dalam kasus saya, dari saat pesawat mendarat hingga saat paspor saya dipindai oleh petugas imigrasi, dibutuhkan waktu tepat 1:03 jam berkat layanan kedatangan yang telah dipesan sebelumnya yang memandu pelanggan ke jalur kru.

Setelah itu, beberapa menit lagi untuk meninggalkan bandara seluruhnya.

Yang lain tidak seberuntung itu. Saya berbicara dengan dan mendengar penumpang di barisan lain, barisan umum dan ketegangan bertambah semakin jauh Anda sampai di depan dengan satu penumpang menjadi sangat marah.

Beberapa penumpang ini mengatakan “mereka berada di ruang kedatangan selama hampir 5 jam” dan sementara mereka tampaknya memiliki tanda terima kartu kredit yang dicap dengan waktu itu, saya menemukan waktu yang sangat aneh dan lama.

Saya ditunjukkan nomor kedatangan yang sebenarnya oleh Kepala Imigrasi yang membuat sulit untuk percaya bahwa seseorang yang tiba pada pukul 10:00 pagi masih akan berada di sana pada pukul 3 sore.

Setidaknya saya tidak akan tahu mengapa. Seperti yang saya katakan di artikel sebelumnya: Dari mana semua orang ini berasal?

Meskipun demikian, untuk bertahan dengan kebenaran di sini, jika itu dua setengah, tiga, atau lima jam (dan itu adalah minimum realistis untuk semua waktu tunggu digabungkan) itu masih terlalu lama, sebagaimana dibuktikan oleh bagaimana orang keluar dari kontrol.

Berikut adalah beberapa statistik menarik yang dapat diberikan oleh otoritas bandara dan imigrasi:

Pada hari Jumat, jika 26 loket itu dikelola dan dioperasikan seperti biasa, mereka bisa memproses 1560 penumpang per jam, itu jika semuanya berjalan lancar.

Itu tidak termasuk waktu untuk pemeriksaan dokumen dan prosedur pembelian visa pada saat kedatangan.

Jumat lalu adalah anomali menurut pihak berwenang dan sementara jumlah kedatangan diketahui sebelumnya ke bandara, hal-hal selalu berfluktuasi yang benar-benar normal.

Tetapi waktu tunggu beberapa jam untuk keluar dari bandara di tujuan liburan terlalu banyak.

Dengan enam loket tambahan yang sekarang dibuka, 360 penumpang lebih dapat diproses per jam ketika semuanya berjalan lancar, sehingga total kapasitas menjadi 1920.

Ini adalah maksimum yang dapat dicapai dan jika semua kemacetan dihilangkan, itu mungkin saja terjadi.

Saya masih akan memesan penjemputan pramutamu terlebih dahulu untuk berjaga-jaga, sangat sedikit uang untuk memiliki jaminan.

Kabar baiknya adalah bahwa pihak berwenang sekarang menangani masalah ini dengan serius, dan bahkan tingkat tertinggi saat ini sedang menangani situasi ini.

Saya yakin enam konter sudah dibuka kembali pada kemarin dan juga memiliki staf.

Kepala Imigrasi, Petugas Rachmad, dapat memberi saya jadwal waktu berikut di mana penumpang dapat mengharapkan hal-hal sibuk di Bandara Denpasar:

06:00 – 13:00 – Normal
13:00 – 15:00 – SIBUK
15:00 – 20:00 – Normal
20:00 – 22:00 – SIBUK
22:00 > – Normal

Berdasarkan ini, Anda mungkin dapat mengatur waktu kedatangan Anda di Denpasar pada slot waktu yang lebih nyaman JIKA Anda tidak datang dari luar negeri dan tiba dengan koneksi.

Ada beberapa pilihan penerbangan dari bandara regional setiap hari jika Anda berasal dari sana, dan berdasarkan pengalaman saat ini, sore dan malam adalah waktu yang harus dihindari.

Saya memiliki dua orang teman yang kebetulan tiba pagi ini melalui Scoot dari Singapura dan tiba pada pukul 09.50.

Itu mulus, jauh lebih baik daripada minggu lalu, dan bahkan tidak ada perbandingan.

Dengan Layanan Pramutamu, mereka selesai dalam 15 menit. Beberapa pembaca juga melaporkan berbagai pengalaman mereka di komentar.

Ini membuktikan intinya, waktu kedatangan adalah yang terpenting.

Bali mulai menyambut wisatawan pertama pascapandemi pada Januari, dengan karantina singkat yang kemudian dikurangi menjadi sekadar menunjukkan sertifikat vaksinasi dan membeli Visa on Arrival seharga US$35.

Bali memang mengambil langkah yang tepat untuk menyambut wisatawan internasional yang sudah divaksinasi.

Seperti yang saya katakan sebelumnya pulau ini telah menderita selama dua tahun, dan banyak hotel bahkan ditinggalkan.

Saya bertemu banyak orang Bali yang bekerja di kapal pesiar sejak Juli tahun lalu dan cerita mereka dari kampung halaman sangat menyayat hati.

Saya juga berpikir bahwa pemerintah pusat di Jakarta belum mendukung Bali sebanyak yang mereka bisa.

Bersikeras pada satu kebijakan untuk negara sebesar Indonesia, apalagi dengan pulau yang eksklusif bergantung pada pariwisata, tidak pernah masuk akal.

Bahkan Thailand memisahkan Phuket, Samui dan Daratan, menyadari bahwa mereka membutuhkan pendekatan.

Dan prosedur masuk yang disederhanakan untuk tujuan pariwisata untuk memulai kembali industri.

Akhirnya, Bali diizinkan untuk merumuskan rencana kedatangan dan pengunjung mereka sendiri.

Sekarang mari kita berharap semua antrean di bandara ini diperbaiki (semoga keluar pulau lebih cepat) dan berbahagialah bahwa BALI KEMBALI!

Kesimpulan

Otoritas Bali di bandara serta administrasi bandara, telah mencatat kemacetan yang terjadi minggu lalu setidaknya pada satu kesempatan (Jumat).

Dan sekarang ada perbaikan yang dilakukan untuk memastikan pengalaman bandara akan lancar sejauh mungkin.

Situasi ini menjadi perhatian saya. Saya terkejut bahwa pihak berwenang sangat mudah didekati dan mampu memberi saya angka.

Kepala Imigrasi Bandara yang saya temui secara pribadi dapat menunjukkan data dengan angka aliran yang membantu untuk merencanakan sedikit lebih mudah.

Saya percaya mereka mencoba untuk melakukan hal yang benar dan hal-hal mudah-mudahan akan menjadi lebih baik sekarang.