Tindakan Preventif Batik Air Terhadap Penyebaran Covid-19

0
65

Maskapai Batik Air, salah satu member dari Lion Air Group, telah menyelenggarakan kampanye keselamatan penerbangan (safety campaign) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).

Agenda kampanye keselamatan dipimpin oleh Safety, Security and Quality Director of Batik Air, Captain Wamildan Tsani Panjaitan beserta seluruh perwakilan divisi atau departemen Batik Air dan Lion Air Group.

Topik kampanye fokus pada tingkat keselamatan, keamanan mengenai berbagai upaya dalam menangkal, meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus.

Salah satunya ditandai pemberian masker dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) kepada para tamu (penumpang) Batik Air.

Batik Air menegaskan, hal ini menjadi bagian tindakan preventif dan antisipasi utama mengenai dampak wabah virus corona (covid-19).

Langkah ini merupakan rangkaian program rutin dalam menyampaikan berbagai informasi penting terhadap aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, terutama berkaitan dengan sisi kesehatan serta kepentingan manusia (human interest) yang mencakup dari karyawan atau staf dan pengguna jasa penerbangan atau publik.

Batik Air menghimbau dan meminta kepada seluruh karyawan dan tamu, agar memperhatikan dan mengikuti rekomendasi social distancing (jarak sosial) yang diyakini menjadi salah satu cara efektif untuk menekan angka penyebaran.

Tujuannya agar terdapat ruang yang cukup antara satu orang dengan orang lain agar bisa menghilangkan transmisi virus.

Untuk pelaksanaan operasional penerbangan, kampanye keselamatan meliputi pengaturan antrian pada saat pemeriksaan suhu tubuh, area pemeriksaan keamanan (security check-point/ SCP).

Selain itu, ketika antri pelaporan (check-in), di ruang tunggu, mulai masuk ke kabin pesawat (boarding). Untuk pengaturan tempat duduk, Batik Air memiliki mekanisme yang disesuaikan antara jumlah tamu dengan ketersediaan kursi.

Kebersihan Pesawat dan Kesehatan Kru

Untuk operasional penerbangan, sterilisasi dan kebersihan pesawat terus dilakukan serta ditingkatkan.

Proses pembersihan pesawat meliputi aircraft interior exterior cleaning (AIEC), terdiri dari Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

Pengerjaan menyeluruh bagian pesawat, antara lain badan pesawat (fuselage) eksterior, ruang kemudi (cokpit), dapur (galley), bagasi kabin (compartement), dinding kabin, kursi awak pesawat dan penumpang.

Selain itu, penggantian penutup sandaran kepala (head cover) di kursi, area kargo (bagian bawah pesawat), pintu dan jendela pesawat, karpet antai kabin, serta tangga menuju pesawat dan lainnya.

Batik Air tetap melakukan pengecekan kesehatan sebelum terbang kepada pilot, awak kabin dan teknisi yang bertugas.

Pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan (pre-flight health check) sangat penting untuk menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight), agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin.

BACA:

(*)

Recomendation
apply kartu kredit via pointsgeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here