Credit Cards

Tips and Tricks Apply Kartu Kredit Baru

Share

Banyak pembaca Points Geek yang sering bertanya bagaimana cara agar pengajuan kartu kredit baru kalian bisa diterima. Di artikel ini, Points Geek akan memberikan beberapa tips and tricks untuk meningkatkan kemungkinan pengajuan kartu kredit kalian diterima.

Harus diakui pengajuan kartu kredit, terkadang tricky dan membingungkan. Banyak yang ditolak dan tidak pernah ada penjelasan yang jelas dari pihak bank, kenapa seseorang ditolak. Tapi tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips and tricks yang bisa membantu kalian untuk mendapatakan kartu kredit yang kalian sedang coba ajukan.

  1. Jangan menghabiskan limit kartu kredit kalian, terutama kalau sedang mengajukan kartu kredit baru. Pakai secukupnya saja, mungkin sekitar 50% – 60% dari kredit limit yang diberikan oleh pihak bank.
  2. Ketika kalian sedang diverifikasi oleh pihak bank, jawab pertanyaan dengan akurat. Jangan sampai data yang kalian berikan pada saat pengajuan berbeda dengan data yang kalian jawab saat sedang diverifikasi.
  3. Berikan nomor fixed line (antara nomor rumah atau nomor kantor). Hal ini akan membantu meningkatkan score aplikasi kalian. Pihak bank lebih percaya pada nomor fixed line, dibandingkan dengan nomor handphone yang dapat diganti sewaktu-waktu.
  4. Status kalian di perusahaan kalian bekerja juga berpengaruh. Score aplikasi kalian akan naik, kalau kalian sudah berstatus pegawai tetap dan sudah bekerja cukup lama di perusahaan tersebut.
  5. Selalu bayar tagihan tepat waktu. Jangan pernah terlambat bayar. Kalau keuangan sendang mepet banget, sebaiknya bayar jumlah minimum yang disarankan, tetapi tepat waktu. Daripada bayar lunas, tetapi terlambat bayar.
  6. Nomor contact darurat. Pastikan nomor contact darurat mu adalah seseorang yang dekat dengan kamu dan punya hubungan darah, tetapi tidak tinggal serumah.
  7. Know where you stand. Kalian tidak akan dapat mendapatkan kartu kredit top tier dengan credit limit yang bombastis, kalau kalian sendiri belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya atau credit limit di kartu kredit sebelumnya masih kecil (dibawah Rp. 5.000.000).

Pada kesimpulannya, pengajuan kartu kredit memang tidak semudah yang dikira. Semuanya butuh proses dan waktu. Bagi yang belum mempunyai kredibilitas, Points Geek menyarankan untuk mulai mencoba apply kartu kredit bagi para pemula. Selain itu, kalau kalian baru habis ditolak, jangan langsung mengajukan lagi. Sebaiknya menunggu 3-6 bulan terlebih dahulu, baru mengajukan untuk mengapply kartu kredit lagi.

Semoga tips and tricks yang Points Geek berikan di atas dapat membantu kalian saat sedang mengajukan kartu kredit. Informasi lain terkait loyalty program dan artikel lainnya? Yuk, baca PointsGeek.id!

Evelyn Baktiono

Travel Hacker and Points Geek

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Mau Fokus Bisnis, Awkarin Rencana Pensiun Jadi Selebgram

Pada lanjutan TS Talks with Awkarin, kini pada part 2 dia mau berbagi cerita tentang…

6 hours ago

Bonus E-voucher Blibli Buka Rekening di Aplikasi Digibank

DBS memiliki promo yang memberikan voucher Blibli untuk pembukaan rekening baru melalui Aplikasi digibank by…

6 hours ago

Armada Sriwijaya Air 2022 Semuanya Boeing 737?

Siriwijaya Air memiliki armada yang semuanya merupakan Boeing 737 dan varian yang dominan adalah 737-800.…

6 hours ago

Rekomendasi Tempat Breakfast di New York by TS

New York adalah kota besar dan terpadat di Amerika Serikat. Selain itu, New York juga…

6 hours ago

Tiket PP Murah Garuda Indonesia 5 Destinasi Wisata

Garuda Indonesia memiliki promo 'Fly and Explore The Hidden Gems of Indonesia' dengan tiket pergi-pulang…

19 hours ago

All Accor Live Limitless Bonus 888 Poin Reward s/d 18 Feb

All Accor Live Limitless memiliki promo dalam rangka Tahun Baru Imlek dengan bonus poin untuk…

20 hours ago