Headline

Tips dan Cara Membuat Travel Budget 2021

Share

Seringkali setiap orang merencanakan liburan, tapi nanti ujung-ujungnya hanya menjadi wacana saja. Liburan sering tertunda karena tidak ada biaya atau hal lainnya. Untuk menghindari itu, kita harus mengetahui cara membuat travel budget yang baik dan benar.

Dilansir dari simulasikredit, membuat anggaran untuk travel budget bisa kita kelompokkan menjadi dua, yaitu anggaran kebutuhan dasar dan anggaran kebutuhan ekstra.

Apa saja yang termasuk dalam kebutuhan dasar dan ekstra selama traveling? Lalu bagaimana cara menyusunnya? Berikut tips dan cara membuat travel budget:

  • Menyusun anggaran kebutuhan dasar

Kebutuhan dasar adalah biaya-biaya yang sifatnya wajib untuk dikeluarkan. Jadi, sebelum menentukan anggaran kebutuhan dasar, kamu harus menentukan hal-hal di bawah ini:

  1. Moda transportasi yang digunakan ke kota tujuan. Apakah kamu akan pergi dengan pesawat, kereta, bus, mobil sewaan, atau kapal? Tentukan pilihan, dan masukan ke anggaran kebutuhan dasar.
  2. Transportasi lokal di kota tujuan. Untuk berkeliling dan menuju objek wisata yang kamu inginkan, tentu saja butuh moda transportasi. Sebab itu, masukan biaya transportasi lokal dalam anggaran perjalanan. Misalkan seperti menyewa sepeda motor, atau mobil, atau menggunakan kendaraan umum di daerah tersebut.
  3. Pilih akomodasi untuk menginap. Traveling ke luar kota, biasanya tidak cukup jika hanya satu hari. Oleh karena itu, kamu harus menentukan penginapan yang kamu pilih. Apakah hotel, hostel, homestay atau airbnb? Lalu, kamu masukan budgetnya ke anggaran kebutuhan dasar.
  4. Biaya makan dan biaya tak terduga. Selama berlibur di sebuah kota, tak lengkap jika kamu tidak mencicipi kuliner lokalnya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan budget biaya makan di anggaran kebutuhan dasar. Untuk biaya tak terduga juga harus disiapkan ya. Ini bisa menjadi biaya jika kamu ingin membeli air mineral, tabir surya atau keperluan tak terduga lainnya.
  5. Biaya vitamin atau obat-obatan. Di masa new normal COVID-19, kamu harus mempersiapkan vitamin untuk menemani travelingmu. Jadi, masukan biaya pembelian vitamin ini ke anggaran kebutuhan dasar ya.
  • Menyusun anggaran untuk kebutuhan ekstra

Untuk anggaran kebutuhan ekstra, sebenarnya tergantung dari masing-masing pribadi. Kamu harus mempersiapkan anggaran ini jika kamu ingin membeli oleh-oleh, memasuki wisata hiburan berbayar, dan lain-lain.

Jadi, sebelum mewujudkan keinginan traveling, kamu harus merencanakannya dan mengetahui cara membuat travel budget terlebih dahulu ya.

Ayundayani Rosadi

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Mulai 26 Jan 2022

Halim Perdanakusuma (Bandara Halim), Jakarta akan direvitalisasi mulai Rabu 26 Januari 2022. Hal ini dilakukan…

7 hours ago

Dennis Adishwarsa Jelasin Apa Itu NFT & Metaverse?

Apa Itu NFT & Metaverse? Gimana Cara Bikin NFT? Dennis Adishwarsa Jelasin Caranya. Episode terbaru…

7 hours ago

5 Artikel Pilihan Pointsgeek Minggu Ini ‘Jan 4’

Pada minggu keempat awal tahun ini, Pointsgeek memberikan informasi tentang artikel yang bisa jadi referensi…

8 hours ago

Promo PUBG Mobile 50% di UniPin dan Codashop pakai GoPay

Dompet digital GoPay memiliki promo yang memberikan cashback untuk transaksi top up PUBG Mobile di…

18 hours ago

Kapasitas Pesawat Grup Qantas Dikurangi Feb-Mar 2022?

Grup Qantas telah meninjau pengaturan kapasitas domestiknya berdasarkan keputusan Pemerintah Australia Barat untuk menunda pembukaan…

19 hours ago

Young Lex Bahas Gemini Banyak Kasus. Pak Harto Ikut Disebut

Young Lex Bahas Gemini Banyak Kasus. Pak Jokowi Pak Harto Ikut Disebut. Wah ada apa…

22 hours ago