Headline

Tips dan Cara Membuat Travel Budget 2021

Share

Seringkali setiap orang merencanakan liburan, tapi nanti ujung-ujungnya hanya menjadi wacana saja. Liburan sering tertunda karena tidak ada biaya atau hal lainnya. Untuk menghindari itu, kita harus mengetahui cara membuat travel budget yang baik dan benar.

Dilansir dari simulasikredit, membuat anggaran untuk travel budget bisa kita kelompokkan menjadi dua, yaitu anggaran kebutuhan dasar dan anggaran kebutuhan ekstra.

Apa saja yang termasuk dalam kebutuhan dasar dan ekstra selama traveling? Lalu bagaimana cara menyusunnya? Berikut tips dan cara membuat travel budget:

  • Menyusun anggaran kebutuhan dasar

Kebutuhan dasar adalah biaya-biaya yang sifatnya wajib untuk dikeluarkan. Jadi, sebelum menentukan anggaran kebutuhan dasar, kamu harus menentukan hal-hal di bawah ini:

  1. Moda transportasi yang digunakan ke kota tujuan. Apakah kamu akan pergi dengan pesawat, kereta, bus, mobil sewaan, atau kapal? Tentukan pilihan, dan masukan ke anggaran kebutuhan dasar.
  2. Transportasi lokal di kota tujuan. Untuk berkeliling dan menuju objek wisata yang kamu inginkan, tentu saja butuh moda transportasi. Sebab itu, masukan biaya transportasi lokal dalam anggaran perjalanan. Misalkan seperti menyewa sepeda motor, atau mobil, atau menggunakan kendaraan umum di daerah tersebut.
  3. Pilih akomodasi untuk menginap. Traveling ke luar kota, biasanya tidak cukup jika hanya satu hari. Oleh karena itu, kamu harus menentukan penginapan yang kamu pilih. Apakah hotel, hostel, homestay atau airbnb? Lalu, kamu masukan budgetnya ke anggaran kebutuhan dasar.
  4. Biaya makan dan biaya tak terduga. Selama berlibur di sebuah kota, tak lengkap jika kamu tidak mencicipi kuliner lokalnya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan budget biaya makan di anggaran kebutuhan dasar. Untuk biaya tak terduga juga harus disiapkan ya. Ini bisa menjadi biaya jika kamu ingin membeli air mineral, tabir surya atau keperluan tak terduga lainnya.
  5. Biaya vitamin atau obat-obatan. Di masa new normal COVID-19, kamu harus mempersiapkan vitamin untuk menemani travelingmu. Jadi, masukan biaya pembelian vitamin ini ke anggaran kebutuhan dasar ya.
  • Menyusun anggaran untuk kebutuhan ekstra

Untuk anggaran kebutuhan ekstra, sebenarnya tergantung dari masing-masing pribadi. Kamu harus mempersiapkan anggaran ini jika kamu ingin membeli oleh-oleh, memasuki wisata hiburan berbayar, dan lain-lain.

Jadi, sebelum mewujudkan keinginan traveling, kamu harus merencanakannya dan mengetahui cara membuat travel budget terlebih dahulu ya.

Ayundayani Rosadi

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Mie Nyemek Touci (Tomat Udang Cumi) ala Patricia Panigoro

Mie Nyemek Touci (tomat udang cumi) ala Patricia Panigoro? Hmm, sepertinya lezat nih mie nyemeknya.…

4 hours ago

HUT CIMB Niaga ke-66 Garuda Indonesia Diskon Rp660.000

Sambut kemeriahan HUT ke-66, CIMB Niaga memberikan diskon atau potongan harga untuk tiket Garuda Indonesia.…

4 hours ago

5 Artikel Pilihan Pointsgeek Minggu Ini

Pada minggu ini 25 September 2021, Pointsgeek memberikan pilihan artikel yang bisa kamu baca. Dari…

4 hours ago

Diskon Hotel, Vila dan Apartemen Rp900 Ribu di Traveloka

Traveloka memiliki promo 'PayDay Sale' yang memberikan diskon untuk hotel, vila, dan apartemen. Kamu bisa…

4 hours ago

Cara Tepat Daftar GoPayLater

Supaya memberikan rasa aman dan nyaman pada setiap transaksi GoPayLater, pendaftar perlu menyertakan identitas. Hal…

4 hours ago

Diskon Rp2 Juta Tiket Garuda Indonesia di DBS Travel Deals

Beli tiket di aplikasi Fly Garuda dan www.garuda-indonesia.com dengan Kartu Kredit digibank. Kamu bisa mendapatkan diskon dengan…

19 hours ago