Headline

Underpass Baru KAI di Stasiun UP & Pasar Minggu Baru

Share

Kereta Api Indonesia bersama KAI Commuter menghadirkan underpass di Stasiun Universitas Pancasila ‘UP’ dan Stasiun Pasar Minggu Baru.

Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan keselamatan pengguna KRL saat berpindah peron.

Kedua underpass tersebut diresmikan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo didampingi oleh Plt Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar beserta jajaran di Stasiun Universitas Pancasila, Rabu (8/9).

“Pembangunan underpass ini merupakan implementasi dari Perpres 83 Tahun 2011 untuk mendukung pengembangan angkutan KRL pada jalur lingkar Jabodetabek,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Underpass Stasiun Universitas Pancasila dan Stasiun Pasar Minggu Baru dibangun dengan mengedepankan keselamatan dan kenyamanan pengguna KRL.

Kedua underpass tersebut memiliki lebar 5 meter dan panjang 17 meter.

Tersedia fasilitas CCTV, kipas angin, lampu penerangan, serta papan penunjuk arah untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna KRL saat menggunakan underpass di kedua stasiun tersebut.

Bagi para pelanggan prioritas seperti penyandang disabilitas, wanita hamil, orang sakit, dan orang lanjut usia, KAI menyediakan 2 unit lift prioritas di masing-masing stasiun untuk mempermudah akses menuju underpass.

Sebelum ada underpass, pengguna KRL harus melintasi rel KA untuk berpindah peron.

Hal itu sangat berisiko karena padatnya perjalanan KRL dimana terdapat 356 perjalanan KRL, baik dari arah Jakarta maupun dari arah Depok atau Bogor di kedua stasiun tersebut setiap harinya.

Pengguna KRL di Stasiun Universitas Pancasila pada periode Januari – Agustus 2021 setiap harinya rata-rata mencapai 2.174 pengguna.

Sedangkan di Stasiun Pasar Minggu Baru rata-rata pengguna tiap hari sebanyak 1.512 pengguna.

Adapun pada masa sebelum pandemi yakni pada Februari 2020, rata-rata pengguna harian sebanyak 7.730 pengguna di Stasiun Universitas Pancasila dan 4.622 pengguna di Stasiun Pasar Minggu Baru.

Dengan adanya underpass tersebut, maka pengguna KRL yang masuk Stasiun Universitas Pancasila dan hendak naik KRL ke arah Jakarta dari pintu masuk peron 1 (Kampus UP) harus melalui underpass untuk menunggu di peron 2.

Sedangkan, pengguna KRL yang hendak menuju ke Depok atau Bogor dari arah pintu masuk Peron 2 (Jl. Lenteng Agung) harus melalui underpass untuk menunggu di peron 1 stasiun.

Sementara untuk Stasiun Pasar Minggu Baru, para pengguna KRL yang masuk dari pintu masuk peron 1 stasiun (Jl. Batu Merah) dan hendak naik KRL ke arah Jakarta harus melalui underpass untuk menunggu di peron 2.

Sebaliknya, pengguna KRL yang menuju ke Depok atau Bogor dari arah pintu masuk Peron 2 (Jl. Rawajati Timur) harus melalui underpass untuk menunggu di peron 1.

Underpass ini juga KAI hadirkan dalam rangka menyambut momen HUT ke-76 KAI yang akan jatuh pada 28 September 2021.

Pada HUT tahun ini, KAI memiliki tema Melayani Lebih Cepat & Lebih Baik.

“KAI ingin bergerak lebih cepat melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. Sehingga harapannya di masa pandemi Kereta Api terus bergerak untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan,” tutup Didiek.

Dengan dioperasikannya kedua underpass tersebut, maka total terdapat 14 stasiun KRL yang memiliki underpass.

Ke-14 stasiun tersebut yaitu Stasiun Cilebut, Bojonggede, Citayam, Depok, Depok Baru, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Kalibata, Tebet, Manggarai, Pondok Ranji, Sudimara, Universitas Pancasila, dan Pasar Minggu Baru.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Es Kopi Susu Keluarga Rp 10.000 di Family Mart pakai Flazz

Bank BCA memiliki promo yang memberikan harga khusus untuk pembelian Es Kopi Susu Keluarga di…

1 hour ago

Rayakan 50th UEA, Etihad Airways Kasih Diskon Tiket 50%

Selama 50 jam saja, Etihad Airways akan merayakan Golden Julibee '50 tahun' UEA dengan diskon…

1 hour ago

BNI Ubah Saldo Minimum Rekening Taplus Jadi …

salah satu bank milik pemerintah, Bank Negara Indonesia 'BNI' mengubah saldo minimum yang tersimpan di…

2 hours ago

Airasia Super App Cari Lagi Talenta Idola Virtual

Project Kavvaii, sebuah inisiatif dari airasia Super App, sedang mencari talenta baru untuk menambah daftar…

2 hours ago

GoRide Diskon Total Rp100.000 untuk Pelanggan Telkomsel

Gojek memiliki promo yang memberikan diskon untuk pelanggan Telkomsel menggunakan layanan tansportasi GoRide dan GoCar.…

2 hours ago

Cathay Pacific Cargo Luncurkan Platform Baru ‘Click & Ship’

Cathay Pacific Cargo meluncurkan Click & Ship, platform pemesanan digital barunya, secara bertahap di seluruh…

2 hours ago