Airlines

Wow Air “Bangkrut”, Penumpang Banyak yang Terlantar

Share

Salah satu penumpang yang terbang dengan Wow Air bercerita mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan bersama perusahaan yang berbiaya rendah ini.

“Perusahaan memberikan kamu pizza, lalu membatalkan penerbangan kami,” kata salah satu penumpang Wow Air.

Penumpang ini dijadwalkan terbang dari Detroit ke Dublin pada jam 19.00 waktu setempat tadi malam.

“Kemudian ditunda, lalu ditunda setiap jam, dan akhirnya pada jam 11 malam pada hari Rabu saya bertanya apa yang terjadi jika perusahaan bangkrut?”

“Dia mengatakan itu tidak akan terjadi dan memberi kami pizza, mengatakan kami mengharapkan rencana penerbangan dalam 15 menit ke depan.”

“Selanjutnya, PA mengatakan penerbangan dibatalkan.”

Keluarga itu akhirnya menghabiskan malam di sebuah hotel, dan terbangun ketika menemukan bahwa maskapai itu benar-benar berhenti terbang.

BACA : [Infografis] Cara Booking Hotel dengan Whiz Mate
BACA: 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi OVO

Wow Air, yang juga mengoperasikan penerbangan dari bandara Inggris Gatwick, Stansted dan Edinburgh, telah dalam pembicaraan minggu ini dengan pemegang obligasi tentang mengumpulkan uang baru.

Enam bulan terakhir telah ada pembicaraan tentang potensi penjualan perusahaan, pertama ke Icelandair, kemudian ke perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di AS Indigo Partners – yang memiliki saham di beberapa maskapai lain termasuk Wizz Air dari Hongaria.

Tetapi pada hari Kamis, situs web Wow mengatakan telah menghentikan operasi dan membatalkan semua penerbangan. Ia menambahkan bahwa penumpang yang perlu melakukan perjalanan harus memesan dengan maskapai lain.

Dengan tidak terbangnya Wow Air, penumpang mulai mencari alternatif.

Dilansir dari BBC, editor travel dari Independent, Simon Calder, mengatakan bahwa dalam situasi ini maskapai lain cenderung untuk masuk karena mereka tidak akan mencari uang dari “situasi yang buruk”. Dia mengatakan penumpang tidak harus menghabiskan “uang banyak pada penerbangan alternatif kecuali kamu benar-benar terburu-buru”.

Norwegian mengatakan bahwa tarif repatriasi akan tersedia dengan diskon 25%, tergantung ketersediaan, selama penumpang dapat menunjukkan pemesanan Wow Air yang valid. Ini akan tersedia hingga 8 April.

Tiga maskapai lain menawarkan tarif penyelamatan untuk penumpang Wow – Icelandair, EasyJet dan Wizz Air. Informasi lebih lanjut tersedia di halaman web Otoritas Transportasi Islandia, bersama dengan informasi lebih lanjut tentang hak-hak penumpang.

Pihak berwenang Islandia mengatakan mereka akan terus memantau ketersediaan tarif penyelamatan untuk penumpang Wow yang dijadwalkan melakukan perjalanan selama beberapa hari ke depan.

Wow didirikan pada tahun 2011 oleh kepala eksekutifnya, Skuli Mogensen. Maskapai ini memulai penerbangan pada 2012 dan tumbuh sampai mempekerjakan 1.000 orang, membawa 3,5 juta penumpang pada tahun lalu di 11 pesawatnya.

Maskapai ini mengoperasikan rute jarak pendek dan panjang, terbang ke Kopenhagen dan Alicante di Eropa dan Washington dan Boston di AS.

Untuk informasi lain terkait loyalty program, yuk baca artikel lainnya di PointsGeek!

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Hemat Hingga 50% di CGV pakai BNI Rewards Point

Bank BNI memiliki promo yang bisa membuat kamu hemat nonton bioskop CGV menggunakan BNI Rewards…

36 mins ago

Promo ‘Buy 2 Get 3’ & ‘Buy 1 Get 1’ TMRW di Cinema XXI

TMRW memiliki promo 'Buy 2 Get 3' & 'Buy 1 Get 1' untuk pembelian tiket…

36 mins ago

Qantas Kembali ke Tokyo, Bandara Haneda Sebagai Hub Barunya

Qantas akan membuka rute Tokyo, Jepang di Bandara Haneda ketika penerbangan internasional kembali dari akhir…

41 mins ago

Isi OVO pakai OneKlik BCA Cashback 15.000 OVO Points

Bank BCA memiliki promo yang memberikan cashback untuk transaksi top up atau isi ulang saldo…

44 mins ago

Simpan Kartu CIMB Niaga di DANA Bonus Voucher Rp30.000

Dompet digital DANA memiliki promo yang memberikan bonus voucher untuk kartu CIMB Niaga yang tersimpan…

47 mins ago

British Airways Tutup Lounge JFK & Pindah ke Terminal 8

American Airlines dan British Airways hari ini mengumumkan perubahan lounge yang akan terjadi di bandara…

49 mins ago