Kartu Kredit HSBC Visa Signature

4
187

Kartu kredit HSBC Visa Signature adalah salah satu kartu kredit top tier dari bank HSBC Indonesia. Salah satu kelebihan HSBC Visa Signature adalah memiliki welcome bonus yang sangat besar dan konvertibilitas yang bisa dibilang cukup baik. HSBC menerapakan sistem earning rates berbeda-beda untuk setiap jenis transaksi dan juga memiliki bonus spesial berupa unlimited Priority Pass ketika kamu mencapai 1juta poin.

HSBC Visa Signature memiliki beberapa airlines partner. HSBC Poin yang sudah berhasil kamu kumpulkan akan dapat diconvert menjadi airlines miles yang bekerja sama dengan kartu kredit ini. Beberapa airlines yang sudah bekerja sama dengan HSBC Visa Signature adalah

  • Garuda Indonesia
  • Singapore Airlines
  • Cathay Pacific

Conversion rate yang berlaku untuk semua airlines partners adalah sama yaitu 17 HSBC Poin = 1 KrisFlyer Miles/ GarudaMiles/ Asia Miles. Conversion rates ini tidak dapat dikatakan yang paling baik bila dibandingkan dengan kartu kredit top tier lainnya, tetapi masih tergolong yang cukup baik bagi orang-orang yang sebagian besar monthly spendingnya menyangkut traveling dan dining.

HSBC menerapkan earning rates yang berbeda untuk setiap jenis transaksi di kartu kredit ini. Berikut adalah rinciannya

  • Spending 1.500 Rupiah untuk kategori traveling dan dining = 4 HSBC Poin
  • Spending 1.500 Rupiah untuk kategori transaksi di luar negeri = 2 HSBC Poin
  • Spending 1.500 Rupiah untuk kategori selain yang sudah disebutkan = 1 HSBC Poin

Jadi kalau memperhitungkan earning dan conversion ratesnya, bisa dikatakan bahwa 1 KrisFlyer Miles/GarudaMiles/Asia Miles dapat didaptkan seharga Rp. 6.375, dengan asumsi monthly spending kamu banyak yang masuk ke dalam kategori traveling dan dining.

Kalau kamu termasuk orang yang sering jalan-jalan ke luar negeri dan belanja di sana, maka bisa dikatakan 1 KrisFlyer Miles/GarudaMiles/Asia Miles dapat didapatkan seharga Rp. 12.750. Menurut Points Geek harga ini sudah termasuk mahal untuk kategori kartu kredit top tier. Lebih baik kamu mempertimbangkan kartu kredit lainnya.

Kalau monthly spending kamu lebih banyak yang tidak termasuk kedalam kategori traveling, dining, dan juga transaksi di luar negeri, maka menurut kamu sebaiknya tidak usah memiliki kartu kredit HSBC Visa Signature, karena harga 1 KrisFlyer Miles/GarudaMiles/Asia Miles menjadi sangat mahal yaitu Rp. 25.500.

Selain beberapa kelebihan tersebut, masih ada beberapa fitur-fitur lain yang juga ditawarkan oleh HSBC Visa Signature, diantaranya adalah

  • Welcome Bonus
    HSBC juga menawarkan welcome bonus bagi para pemegang kartu kredit HSBC Visa Signature. Para pemegang kartu kredit ini akan mendapatkan welcome bonus sebesar 510.000 HSBC Poin atau setara dengan 30.000 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles. Syarat untuk mendapatkan welcome bonus ini adalah harus memenuhi minimum spending sebesar Rp. 30.000.000 dalam periode 3 bulan setelah kartu kredit kamu disetujui.
  • Cashback Travel Fair
    HSBC Visa Signature banyak melakukan kerjasama dengan berbagai jenis travel fair. Selama travel fair tersebut berlangsung, para pemegang kartu kredit ini akan mendapatkan cashback untuk pembelian tiket pesawat.
  • Airport Perks
    Para pemegang kartu kredit HSBC Visa Signature akan mendapatkan akses gratis ke airport lounge domestik di Indonesia. Untuk airport lounge internasional, para pemegang kartu kredit HSBC Visa Signature akan dapat mengakses lounge yang bekerja sama dengan Priority Pass secara gratis. Untuk keterangan lebih lanjut dapat dicek di website HSBC.
  • Annual Fee
    Para pemegang kartu kredit ini akan dikenakan annual fee sebesar Rp. 1.000.000/tahun. Tetapi tidak perlu khawatir, annual fee ini akan dapat diwaive dengan cara memenuhi minimum spending sebesar Rp. 30.000.000 dalam waktu 3 bulan setelah kartu kredit disetujui.

Pada kesimpulannya, HSBC Visa Signature adalah kartu kredit yang cukup baik untuk mengumpulkan airlines miles, terutama jika transaksi kamu kebanyakan berhubungan dengan traveling atau dining. Ditambah lagi dengan welcome bonus yang cukup besar, Points Geek bisa melihat banyak orang yang tergiur dengan kedua fitur tersebut.

Kartu kredit ini kurang cocok bagi kalian yang tidak banyak melakukan transaksi yang berhubungan dengan traveling atau dining, karena earning rate kartu kredit ini untuk kategori transaksi di luar traveling, dining, dan transaksi luar negeri menjadi sangat buruk. Terutama kalau dibandingkan dengan kartu kredit top tier lainnya.

BACA:

Informasi lain terkait loyalty program dan artikel lainnya? Yuk, baca PointsGeek!

Recomendation
apply kartu kredit via pointsgeek

4 COMMENTS

  1. Halo.
    Belum ada informasi utk welcome bonus di tahun 2020 ini. 510ribu HSBC points itu berakhir di Desember 2019. Mohon konfirmasinya

    • Hi Tobi,
      Terima kasih sudah memberikan komentar di artikel kami. Untuk menjawab pernyataan kamu, berdasarkan informasi yang kami dapatkan di website HSBC, masih ada welcome bonus 2 tiket ke Singapura, yang diberikan dalam bentuk HSBC Poin. Nanti kalau kami mendapatkan informasi yang berbeda akan kami update ya artiklenya. Terima Kasih.

      Regards,
      Points Geek

  2. Thanks tanggapannya.Yang saya baca di website HSBC, welcome bonus 510.000 HSBC Poin itu sudah berarkhir di 31 desember 2019. Apa bisa dishare linknya, kalau sudah berlaku kembali? Tks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here