Airlines

Haneda atau Narita, Bandara Mana yang Terbaik untuk Traveler?

Share

Jika memiliki rencana untuk terbang ke Tokyo di masa depan, kamu akan mengetahui bahwa ibu kota Jepang memiliki dua bandara yaitu Haneda dan Narita. Mau tahu perbedaan keduanya?

Yuk kita bandingkan dua bandara ini untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk traveler atau wisatawan.

Latar Belakang

Bandara Internasional Narita (NRT) terletak sekitar 60 km sebelah timur Tokyo. Pemerintah Jepang menyebutnya “bandara internasional utama di Jepang” dan menurut Travel Voice, bandara ini melayani sekitar 42,6 juta penumpang pada 2018.

Bandara Haneda, di sisi lain, terletak tepat di sebelah Tokyo di daerah yang disebut Kota Ota. Menurut Wikipedia, bandara ini menangani lebih dari 85 juta penumpang pada tahun 2017.

Tujuan

Sementara kementerian transportasi dan pariwisata Jepang mengkategorikan Narita sebagai bandara yang lebih internasional dan Haneda sebagai bandara dengan fokus domestik, ini sangat tidak jelas.

Kedua bandara memiliki penerbangan internasional dan domestik, dan dalam rute penerbangan antara Tokyo dan Sapporo, penerbangan ke Sapporo berangkatnya dari Narita dan ketika kembali ke Tokyo, bandara yang digunakan adalah Haneda.

Situs web Travel Update melaporkan bahwa Haneda hanya memiliki sebagian kecil dari penerbangan dari maupun ke Amerika Serikat (AS) dibandingkan dengan Narita. United Airlines, misalnya, mengoperasikan penerbangan ke 10 tujuan AS dari Narita, tetapi hanya satu dari Haneda.

Selain itu, Japan Airlines tidak mengoperasikan terlalu banyak penerbangan dari Haneda ke Amerika Serikat karena hanya ada penerbangan ke SFO dan JFK. Maskapai ini memiliki delapan penerbangan ke AS dari Narita.

Dua maskapai penerbangan asal Jepang, All Nippon Airways dan Japan Airlines, terbang ke kedua bandara. Bahkan, banyak maskapai besar melayani kedua bandara dan ada beragam pilihan dalam hal tujuan mereka.

Namun, tentu saja ada pengecualian dan beberapa maskapai penerbangan eksklusif untuk satu bandara saja. Misalnya, Jetstar dan Jetstar Jepang eksklusif untuk Narita. Dan jika kamu ingin menerbangkan pesawat A380 ‘Terbang Honu’ ANA, kamu harus menggunakan Narita.

Aksesibilitas

Dengan destinasi dan maskapai yang sederajat, aksesibilitas mungkin merupakan kriteria utama bagi sebagian besar wisatawan. Bagi sebagian besar wisatawan yang ingin mengunjungi Tokyo, jawabannya jelas: Haneda.

Narita terletak sangat jauh dari Tokyo sementara Haneda adalah bagian dari perluasan metropolitan Tokyo (meskipun secara teknis dianggap sebagai kota yang berbeda). Untuk wisatawan dengan anggaran terbatas, dimungkinkan untuk mengambil layanan Metro Tokyo reguler ke bandara Haneda, sedangkan untuk mengakses Narita membutuhkan tiket kereta yang lebih mahal.

Saat melakukan tes GoogleMaps acak dari Tokyo Central Post Office, kamu dapat mencapai Haneda pada siang hari dalam 29-35 menit. Dengan Narita, akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam dan dengan biaya yang sedikit lebih mahal juga.

BACA:

Faktor lain

Jika kamu suka foto udara dan ingin mendapatkan foto yang bagus dari jendela pesawat terbang, maka Haneda adalah pilihan yang tepat. Saat kamu meninggalkan bandara untuk tujuan selatan, duduk di sisi kanan pesawat untuk melihat Gunung Fuji dari dekat. Jika kamu mendarat, tentu saja duduk di sisi kiri.

Untuk mendapatkan foto yang bagus ini, tergantung pada maskapai kamu dan di mana posisi duduk di pesawat, kamu juga bisa mendapatkan beberapa foto bagus dari Tokyo dan pelabuhannya.

Jika akses lounge adalah pilihan utama kamu, maka tampaknya tidak ada lounge Pass Prioritas yang tersedia (belum) di Haneda. Namun, di Narita tampaknya ada tiga ruang Tunggu Prioritas di Terminal 1 dan dua ruang tunggu di Terminal 2.

Terakhir, Narita memiliki jam malam yang sangat ketat. Penerbangan hanya dapat terjadi antara jam 5 pagi dan 00:30 waktu setempat. Di sisi lain, tampaknya Haneda tidak memiliki batasan jam malam sesuai WikiVoyage. Oleh karena itu, wisatawan mungkin memiliki lebih banyak variasi dan pilihan ketika berbiacara tentang waktu keberangkatan dan kedatangan.

Kesimpulan

Dilansir laman Simple Flying, dengan infrastruktur luar biasa yang dimiliki Jepang, kedua bandara menawarkan pengalaman perjalanan yang baik. Sementara beberapa situs web akan memilih Narita untuk aksesnya menuju Amerika Serikat, namun Haneda baik dari sisi lokasinya yang dekat dengan pusat kota Tokyo.

Bagaimana dengan kamu? Bandara mana yang kamu pilih untuk terbang ke / dari ketika mengunjungi Tokyo? Beri tahu kami dengan meninggalkan komentar.

Informasi lain terkait loyalty program dan artikel lainnya? Yuk, baca PointsGeek!

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Belanja di Indomaret pakai OVO Diskon 60%

Salah satu toko modern, Indomaret memiliki promo yang memberikan diskon untuk transaksi menggunakan dompet digital…

29 mins ago

Tukar Mandiri 4.000 Livin’poin Jadi Barang Elektronik Rumah

Bank Mandiri memiliki penukaran Livin'poin jadi barang-barang elektronik rumah tangga yang bisa kamu dapatkan mulai…

3 hours ago

Promo Tiket HUT Garuda Indonesia 24-30 Jan 2022

Dalam rangka merayakan kemeriahan HUT ke-73, Garuda Indonesia memiliki promo harga tiket pesawat ke beberapa…

3 hours ago

Tiket Sriwijaya Air Diskon Rp225.000 pakai Kartu BNI

Sriwijaya Air memiliki promo yang memberikan diskon untuk pembelian tiket menggunakan kartu debit atau kredit…

9 hours ago

Festival Akhir Bulan Citilink Januari 2022 Diskon ‘20%+10%’

Citilink memiliki promo 'Festival Akhir Bulan' yang memberikan diskon untuk pembelian tiket pesawat. Kamu bisa…

9 hours ago

Bonus 2x Unlimited Points Menginap di IHG® Hotels & Resorts

IHG® Hotels & Resorts memiliki promo yang memberikan bonus unlimited points untuk menginap. Kamu bisa…

9 hours ago