Airlines

Apa yang Terjadi Ketika LATAM Tinggalkan Aliansi Oneworld?

Share

LATAM adalah anggota Oneworld terbesar di Amerika Selatan. Alhasil, ketika LATAM mengumumkan bahwa mereka akan pergi demi bekerja sama dengan Delta Air Lines, hal itu membuat kaget ke seluruh penerbangan di dunia. Sebagai satu-satunya maskapai Amerika Selatan di Oneworld, keputusan ini akan memengaruhi aliansi secara negatif.

LATAM Tinggalkan Oneworld

Tidak lama setelah mengumumkan kemitraan besar dengan Delta Air Lines, LATAM mengumumkan mereka akan meninggalkan aliansi Oneworld. Ini masuk akal karena itu berarti LATAM tidak akan mengejar kerja sama yang lebih besar dengan anggota pendiri, American Airlines.

Di luar Amerika, LATAM tidak bermitra erat dengan banyak maskapai lain di aliansi Oneworld. Jadi keanggotaan aliansi dapat mengakibatkan biaya yang tinggi, masuk akal secara finansial bagi maskapai untuk keluar dari aliansi untuk mencari mitra tambahan. China Southern sendiri menggunakan alasan yang sama untuk kepergian mereka dari aliansi Skyteam.

Oneworld kehilangan mitra Amerika Selatan

LATAM meninggalkan Oneworld berarti aliansi tidak akan lagi memiliki anggota utama di Amerika Selatan. Dengan demikian, ini menciptakan celah dalam jaringan aliansi. Dan, sebagai salah satu wilayah yang paling menguntungkan dari American Airlines, langkah ini tidak diragukan lagi akan membahayakan aliansi dalam jangka panjang.

Kemitraan mempunyai manfaat frequent flyer, perjanjian bagasi yang tercatat, dan code share dapat memudahkan proses koneksi untuk traveler dan maskapai penerbangan. Tidak jelas apakah LATAM akan berusaha mempertahankan mitra Oneworld lainnya di luar aliansi.

Dilansir laman Simple Flying, dalam jangka pendek, tanpa kerja sama itu, penumpang Oneworld akan menghadapi rencana perjalanan maskapai campuran yang dapat merepotkan dalam hal memeriksa kembali bagasi dan tiket.

Sejarah LATAM dengan Aliansi

LATAM seperti diketahui hari ini dulunya adalah dua maskapai yang terpisah. LAN dan TAM datang bersama untuk membentuk raksasa Amerika Selatan beberapa tahun yang lalu. Sebagai bagian dari merger, TAM, anggota jaringan Star Alliance, meninggalkan aliansi itu sebagai maskapai baru yang memilih untuk menjadi anggota aliansi Oneworld. Ini kemungkinan akan meningkatkan kemitraan utama mereka dengan American Airlines.

Untungnya untuk Star Alliance, mereka masih memiliki Avianca untuk kehadiran utama di Amerika Selatan. Skyteam, sementara itu, memiliki Aerolíneas Argentinas, meskipun mereka tidak memiliki kehadiran sebesar LATAM atau Avianca.

Akankah LATAM bergabung dengan Skyteam setelah meninggalkan oneworld?

Sekarang LATAM bermitra dengan Delta, ini menimbulkan pertanyaan apakah LATAM akan bergabung dengan aliansi Skyteam. Namun, langkah ini tampaknya tidak mungkin. Di satu sisi, independensi LATAM akan memungkinkan maskapai penerbangan untuk mengejar kemitraan dan peluang lainnya.

Belum lagi, sebagai anggota aliansi, akan ada biaya tambahan. Meskipun bukan tidak mungkin bagi LATAM untuk bergabung dengan Skyteam, namun nampaknya mereka kemungkinan tidak akan melakukannya dalam waktu dekat.

BACA:

Informasi lain terkait loyalty program dan artikel lainnya? Yuk, baca PointsGeek!

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Isi Pulsa XL Dapat Xtra Kuota Hingga 10GB

XL memiliki promo yang memberikan bonus kuota untuk pembelian pulsa di aplikasi myXL dengan nominal…

1 hour ago

Lion Air Buka Rute Surabaya – Labuan Bajo Mulai Rp1 Juta

Lion Air resmi membuka rute dan destinasi baru penerbangan penumpang berjadwal langsung dari Surabaya menuju…

2 hours ago

Beli Alaska Miles Bonus hingga 50% s/d 23 Des 2021

Alaska Airlines memiliki promo untuk program loyalitasnya yang memberikan bonus untuk pembelian miles. Kamu bisa…

2 hours ago

Top Up Game PUBG Mobile pakai GoPay Cashback 90%

GoPay memiliki promo yang memberikan cashback untuk top up game PUBG Mobile di UniPin. Kamu…

5 hours ago

Beli Pulsa Telkomsel pakai OVO Cashback 90% s/d 31 Des

Telkomsel memiliki promo yang memberikan cashback untuk pembelian pulsa menggunakan OVO di MyTelkomsel. Kamu bisa…

5 hours ago

Maskapai Nasional Baru Italia ‘ITA Airways’ Pesan 28 Airbus

ITA Airways, maskapai nasional baru Italia, telah memperkuat pesanan dengan Airbus untuk 28 pesawat. Termasuk…

5 hours ago