Categories: AirlinesHeadline

Malaysia Airlines Hentikan Semua Pesawat A380

Share

Malaysia Airlines telah menjadi maskapai terbaru yang mengumumkan penghentian untuk Airbus A380, dengan konfirmasi bahwa keenam superjumbo-nya akan dihentikan selama beberapa bulan mendatang.

“Kami menyadari tantangan untuk menjual pesawat ini, tetapi kami masih mencari cara untuk membuang 380 armada kami,” kata CEO Izham Ismail dalam jumpa pers online, Selasa.

“Saat ini, manajemen yakin 380 tidak sesuai dengan rencana masa depan.”

Namun rencana itu akan membuat maskapai penerbangan Malaysia dan anggota Oneworld memulai kembali jadwal pengiriman untuk jet Boeing 737 MAX-nya mulai tahun 2024.

DIlansir laman Executive Traveller, Ismail menambahkan “kami juga sedang menjajaki kemungkinan untuk mengambilnya lebih awal.”

Malaysia Airlines bertujuan untuk memiliki total 83 pesawat pada tahun 2025, dengan tujuan untuk mencapai titik impas pada tahun 2023, sejalan dengan pemulihan penuh permintaan untuk perjalanan udara.

Malaysia Airlines adalah salah satu pelanggan terakhir Airbus yang mendaftar untuk superjumbo, melakukan pengiriman pertamanya pada 2012, yang tiba pada 2013, adalah A380 ke-100 yang diproduksi.

A380 memiliki delapan suite kelas satu terbuka (kemudian diganti namanya menjadi suite bisnis) di depan dek bawah, dengan 66 kursi kelas bisnis (dalam tata letak 2-2-2 yang sudah ketinggalan zaman) di dek atas dan 420 kursi ekonomi tersebar di keduanya.

Kelangsungan hidup A380 maskapai sering dipertanyakan, dan pada berbagai tahap selama beberapa tahun terakhir Malaysia Airlines telah mempertimbangkan langkah-langkah seperti menjual jet bertingkat.

Atau memutarnya menjadi maskapai penerbangan terpisah yang akan mencarter A380 untuk membawa umat Islam menyeberang. Asia Tenggara pada ziarah Haji dan Umrah ke Arab Saudi.

“Tujuannya adalah untuk membangun sistem dan infrastruktur transportasi udara yang didedikasikan untuk Haji dan Umrah bagi umat Islam tidak hanya dari tiga negara ini tetapi juga negara-negara ASEAN lainnya,” kata Ismail pada Februari 2019, menambahkan bahwa maskapai baru tersebut akan diberi nama Amal.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Etihad Airways Diskon Tiket Hingga 50% s/d 12 Mei 2021

Maskapai penerbangan nasional UEA, Etihad Airways, memberikan diskon hingga 50% untuk tiket pesawatnya. Diskon ini berlaku untuk liburan musim panas…

13 hours ago

Promo Pegipegi “Ketupat” Diskon Hingga 50%

Pegipegi memiliki promo Kejar Untung Berlipat 'Ketupat' yang memberikan diskon untuk hotel, pesawat, kereta, dan bus. Kamu bisa mendapatkan diskon…

13 hours ago

Anggota Qatar Privilege Club Bisa Pesan Hotel Mewah Pakai Qmiles

Anggota Qatar Airways Privilege Club sekarang dapat tinggal atau pergi dengan Qmiles, dengan peluncuran Hotel & Car Rewards. Anggota Privilege…

14 hours ago

Pesan GoFood Cashback Rp15.000 Pakai LinkAja

Gojek memiliki promo yang memberikan diskon untuk pemesanan GoFood pembayaran menggunakan LinkAja. Kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp15.000 pesan GoFood…

17 hours ago

Tukar Poin Bank Jadi GarudaMiles Bonus 50% s/d 30 Juni 2021

Garuda Indonesia memberikan bonus untuk Poin Bank uang kamu tukarkan menjadi GarudaMiles. Kamu bisa mendapatkan bonus hingga 50% untuk penukaran…

18 hours ago

Curhatan Luna Maya ke Marianne di Pulau Sumba

Travel Secrets kali ini jalan-jalan ke Sumba Barat, pada episode ini Luna Maya curhat ke Marianne tentang kehidupan. Di pulau…

2 days ago