Leisure

Negara yang Batasi Traveling Akibat Virus Corona

Share

Akibat dari wabah virus corona (covid-19), banyak negara yang memberlakukan pembatasan traveling atau perjalanan.

Tujuan dibatasinya perjalanan adalah untuk mengurangi penyebaran virus korona yang telah membuat ribuan orang meninggal dunia, dan puluhan ribu terjangkit.

Untuk Indonesia telah membatasi perjalanan ke Wuhan, China mulai dari Rabu, 5 Februari 2020 jam 00.00 WIB.

Tidak hanya Indonesia, negara-negara lain juga melakukan pembatasan perjalanan dengan cara masing-masing. Yuk, kita lihat negara mana saja yang sudah melakukan pembatasan perjalanan untuk membendung penyebaran virus corona.

Asia

China

Wisatawan di China yang baru-baru ini mengunjungi Korea Selatan, Jepang, dan Italia – negara-negara dengan “wabah parah” dan menuju Beijing atau Shanghai, atau provinsi seperti Guangdong dan Sichuan, akan dikarantina selama dua minggu di fasilitas China.

India

Pada 13 Maret, pemerintah India menangguhkan sebagian besar visa perjalanan dan pariwisata, dengan pengecualian “diplomatik, resmi, PBB atau Organisasi Internasional, visa kerja dan proyek” hingga 15 April.

Selain itu, negara ini memberlakukan karantina dua minggu pada semua penumpang, termasuk warga negara India, “datang dari atau telah mengunjungi China, Italia, Iran, Republik Korea, Prancis, Spanyol dan Jerman” setelah 15 Februari.

Jepang

Pada 15 Maret, Jepang telah melarang masuk untuk wisatawan asing dengan paspor China yang dikeluarkan oleh provinsi Hubei dan Zhejiang serta mereka yang telah mengunjungi daerah di China yang telah terkena virus, Korea Selatan, Iran atau Italia dalam 14 hari terakhir.

Singapura

Singapura Pada 15 Maret, “semua pengunjung baru dengan sejarah perjalanan baru-baru ini ke Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol dalam 14 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk atau transit melalui Singapura,” menurut pejabat.

Korea Selatan

Korea Selatan telah membatasi masuknya wisatawan dengan paspor dari Provinsi Hubei China serta siapa pun yang telah mengunjungi wilayah itu dalam 14 hari terakhir. Selain itu, visa Korea yang dikeluarkan untuk wisatawan di Hubei dibatalkan.

Masuk bebas visa ke Pulau Jeju untuk semua orang asing, dan juga bebas visa bagi warga negara Tiongkok dan wisatawan yang menuju Tiongkok, keduanya ditangguhkan.

Thailand

Pada 12 Maret, para pelancong dari CHina, Korea, Hong Kong, Makau, Italia, dan Iran yang menuju ke Thailand harus menunjukkan sertifikat kesehatan yang menginformasikan tes virus korona negatif ketika check in sebelum penerbangan mereka. Para pelancong ini juga harus menunjukkan bukti asuransi dengan pertanggungan minimal US$100.000.

Semua penumpang yang tiba di Thailand perlu menjawab kuesioner dan suhunya akan diambil. Siapa pun yang transit di negara terlarang selama kurang dari 12 jam tidak perlu menunjukkan sertifikat atau mengisi kuesioner, tetapi mereka akan mengalami penyaringan yang ditingkatkan.

Selain negara di Asia, negara-negara lain juga melakukan pembatasan untuk bepergian akibat virus corona:

  • Australia dan Selandia Baru
  • Yordania
  • Labanon
  • Saudi Arabia
  • Austria
  • Kroasia
  • Denmark
  • Jerman
  • Italia
  • Belanda
  • Norwegia
  • Polandia
  • Rusia
  • Turki
  • dan negara-negara lainnya di dunia.

Wabah ini memang membuat banyak orang terjangkit, namun kita harus tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

Untuk kamu yang masih bekerja, walaupun di rumah, bisa baca tips berikut 7 Tips Work From Home Tetap Produktif & Gak Bikin Stres.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Festival Tukar Tambah Tokopedia Diskon s/d Rp5 Juta Pakai BCA

Bank BCA memiliki program 'Festival Tukar Tambah Tokopedia' yang memberikan diskon untuk tukar elektronik menggunakan…

12 mins ago

Garuda Indonesia September End Deal Diskon 30% s/d 3 Okt

Garuda Indonesia memiliki promo 'September End Deal' yang memberikan diskon untuk tiket. Kamu bisa mendapatkan…

28 mins ago

Citilink ‘Festival Akhir Bulan’ September 2021

Citilink memiliki promo 'Festival Akhir Bulan' yang memberikan diskon untuk tiket penerbangan. Kamu bisa mendapatkan…

15 hours ago

Rekomendasi Tempat Piknik yang Lagi Hits

Piknik bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan saat liburan, terutama buat kamu yang sudah jenuh…

18 hours ago

Boeing: China Butuh 8.700 Pesawat Baru Pada Tahun 2040

Boeing memperkirakan bahwa maskapai penerbangan China akan membutuhkan 8.700 pesawat baru pada tahun 2040, senilai…

19 hours ago

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh?

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh? Wah gimana perasaan mereka berdua ya?…

1 day ago