Categories: HeadlineNews

Pesan Tiket Bus Antar Kota Semakin Mudah Pakai Aplikasi Jaketbus

Share

Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) adalah sebuah sistem penjualan tiket angkutan penumpang umum antar kota secara elektronik atau online di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket perjalanan bus Antarkota Antarprovinsi atau AKAP secara daring (online) menggunakan telepon seluler (ponsel).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan:

“Hari ini saya bahagia sekali, karena apa? naik bus dari pulo gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing.”

“Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya kemana, bisnya apa, dimana naiknya.”

“Ini lompatan yang luar biasa, terima kasih pak Wagub DKI dan juga Bank Indonesia untuk kolaborasinya, karena ini bisa pakai e-wallet.”

Aplikasi Jaketbus ini sejalan dengan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara Elektronik.

Kedepannya diharapkan, agar sistem ini dapat diterapkan di terminal-terminal lain.

Dengan adanya aplikasi ini, risiko penularan Covid-19 juga bisa dikurangi karena tidak ada kontak langsung.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan pelayanan angkutan bus, yaitu:

Pada 2018 telah digagas SIGOBANG (Sistem Integrasi Terminal Pulo Gebang) untuk mendukung Terminal Operating System serta memonitor ketersediaan bus dan jadwal keberangkatan dan kedatangan secara real time.

Pada tahun 2020, SIGOBANG bertransformasi menjadi Sistem Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus).

Aplikasi Jaketbus dapat diunduh secara online di Google Play Store maupun App Store.

Dengan aplikasi Jaketbus, sistem pembayaran tiket dapat dilakukan secara e-wallet, transfer bank ataupun melalui minimarket.

Selain itu, Menhub berharap agar sistem ticketing secara online ini dapat juga tersambung dengan sistem-sistem lainnya yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Saya mengharapkan bahwa sistem ini tidak sendiri. Sistem ini harus di link-kan dengan sistem-sistem yang lain,” kata Menhub.

BACA:

1. 5 Video Travel Secrets Terpopuler 2020

2. 5 Tren Wisata Populer di Instagram Pointsgeek 2020

3. 5 Artikel Terpopuler Pointsgeek 2020

4. 5 Postingan Terpopuler Instagram Pointsgeek 2020

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Diskon Hotel Spesial 30% Setiap Hari di Traveloka

Saatnya menebus kerinduan menginap extra nyaman dengan diskon hotel pilihan s.d. 30% ditambah kupon diskon ekstra s.d. Rp500 ribu. Kamu…

3 hours ago

Kereta Rel Listrik Yogya-Solo Telah Resmi Beroperasi

Kereta Rel Listrik "KRL" Yogya-Solo telah resmi beroperasi pada kemarin hari di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Pada peresmiannya, Presiden RI Joko…

18 hours ago

TS Talks, Wow Luna Maya Ajak Herjunot Ali Menikah?

Herjunot Ali atau Junot pada TS Talks kali ini ternyata membicarakan pernikahan yang ingin dijalaninya. Ia juga berbicara tentang kehidupan…

18 hours ago

Diskon 15% di Hotel IHG Asia Tenggara dan Korea Pakai Mastercard

IHG memiliki promo yang memberikan diskon di hotel IHG® di Asia Tenggara dan Korea transaksi dengan Mastercard. Kamu bisa mendapatkan…

1 day ago

Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja Dapat Cashback 10%

LinkAja memiliki promo yang memberikan cashback sebesar 10% untuk bayar BPJS Kesehatan. Promo ini berupa cashback Saldo Bonus LinkAja sebesar…

1 day ago

Boeing 737 MAX Dapat Izin Terbang ke Arab Saudi

Otoritas penerbangan sipil Arab Saudi telah menyetujui Boeing 737 MAX untuk kembali beroperasi di wilayah udaranya. Tak satu pun dari…

1 day ago