Categories: HeadlineNews

4.233 Kamar Hotel Disiapkan untuk Isolasi Pasien Tanpa Gejala

Share

Jumlah kesiapan kamar hotel untuk lokasi isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala, gejala ringan terus bertambah.

Pemerintah menyiapkan 4.233 kamar hotel untuk lokasi isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala, gejala ringan dan tenaga kesehatan.

Kemenparekraf/Baparekraf bersama Kementerian Kesehatan dan pihak terkait berupaya memastikan dengan baik kesiapan hotel dan perangkat lainnya dalam memberikan layanan bagi masyarakat.

Hingga saat ini, total jumlah kamar yang diusulkan oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencapai 4.233 kamar yang tersebar di Jakarta, Bali dan Kalimantan Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan:

“Persiapan ini penting, terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Jangan sampai hotel tempat isolasi justru menjadi klaster baru sehingga kita bisa memasuki era adaptasi kebiasaan baru dengan lebih baik lagi.”

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.015 kamar hotel di DKI Jakarta telah selesai dilakukan verifikasi oleh Kementerian Kesehatan sehingga telah dan juga siap digunakan sebagai lokasi isolasi pasien juga akomodasi bagi tenaga kesehatan.

“Diluar Jakarta, kami juga siapkan 500 kamar di Bali dan 435 kamar di Kalimantan Selatan untuk isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala dan gejala ringan juga akomodasi bagi tenaga kesehatan,” kata Wishnutama.

Kemenparekraf/Baparekraf juga telah menyiapkan hotel yang masih bisa dipergunakan jika diperlukan penambahan.

Terdiri dari 9 hotel di DKI Jakarta dan 10 hotel di Bali yang kesemuanya juga telah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Kesehatan.

Persyaratan hotel yang telah memenuhi kriteria sesuai dengan pedoman penanganan COVID-19 Kementerian Kesehatan adalah:
  • Memiliki ruang penerimaan pasien untuk melakukan triage.
  • Ada tim yang sudah dilatih desinfeksi.
  • Tersedia mini hospital.
  • Memiliki alat pelindung yang standar bagi petugas hotel.
  • Makanan dan minuman diantar ke depan kamar pasien oleh petugas.
  • Serta tersedia jalur evakuasi jika ada pasien yang kondisinya memburuk.
  • Akomodasi bagi petugas kesehatan dan pengamanan
  • Tersedia tempat penyimpanan sementara limbah medis dan infeksius sebelum diangkut ke tempat pengolahan khusus limbah medis.
  • serta petugas hotel harus sehat, tidak memiliki penyakit penyerta, dan telah melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif COVID-19.

Wishnutama menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Kesehatan untuk menentukan kapan hotel tersebut menjadi lokasi isolasi bagi pasien.

“Saya mengapresiasi kesiapan dan dukungan dari industri perhotelan dalam program ini.”

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah terus menambah tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dalam rangka pengendalian COVID-19,” kata Wishnutama.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Recent Posts

Diskon Rp300.000 di Mister Aladin Pakai Digibank

Mister Aladin memiliki promo 'Happy Payday' yang bisa memberikan kamu diskon untuk tiket pesawat dan hotel menggunakan kartu digibank. Kamu…

15 hours ago

MeliáRewards ‘Black Friday’ Bonus 3.000 Poin s/d 29 Nov

Melia Hotel memiliki promo 'Black Friday' yang memberikan bonus poin MeliáRewards dan diskon untuk setiap pemesanan hotel. Kamu bisa mendapatkan…

15 hours ago

Emirates Buka Kembali Lounge di Seluruh Dunia

Emirates membuka kembali lounge atau ruang tunggu di seluruh dunia yang dimulai dengan lounge Emirates di Bandara Internasional Kairo. Dalam…

16 hours ago

Qatar Pangkas 49% Qmiles untuk Award Flight

Qatar Airways Privilege Club telah memangkas jumlah Qmiles yang diperlukan untuk memesan Award Flight atau penerbangan penghargaan hingga 49%. Pemangkasan…

1 day ago

Black Friday Accor Live Limitless Bonus 2x Poin Reward

Tahun ini, ALL - Accor Live Limitless memulai promo BLACK FRIDAY dengan dua penawaran luar biasa. Diskon 40% dari tagihan…

1 day ago

Upgrade Kamar di Hotel Santika Premier Bintaro Pakai BCA

BCA memiliki promo yang bisa membuat pengalaman menginap kamu di Hotel Santika Premier Bintaro semakin nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa…

1 day ago