Categories: Airlines

Airbus PHK 135.000 Karyawan Untuk Hemat Uang?

Share

Perusahaan pembuat pesawat Airbus mengirim surat ke staf pada hari Jumat, CEO Airbus memberikan peringatan kepada 135.000 karyawan perusahaan tentang kemungkinan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang lebih dalam.

Manajemen pembuat pesawat asal Eropa ini mengatakan bahwa kelangsungan hidupnya dipertaruhkan jika tanpa tindakan dengan segera untuk menghemat uang.

Awal bulan ini, dalam upaya untuk menghemat uang dan memastikan keselamatan karyawan, Airbus mengurangi produksi pesawatnya hingga sepertiga. Untuk sekarang ini, tampaknya itu tidak cukup secara finansial.

Dalam memo internal yang dibagikan dengan staf, Kepala Eksekutif Airbus Guillaume Faury dilaporkan meminta para pekerjanya untuk bersiap menghadapi kemungkinan pemangkasan pekerjaan yang lebih banyak.

Surat itu memberi tahu para karyawan bahwa perusahaan itu “mengeluarkan uang tunai dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan bahwa itu masih belum mencapai skenario terburuk untuk penurunan tingkat produksi. Seperti dilaporkan oleh News Outlet, Faury mengatakan kepada staf:

“Kelangsungan hidup Airbus dipertanyakan jika kita tidak bertindak sekarang (…) Hanya dalam beberapa minggu kita telah kehilangan sekitar sepertiga dari bisnis kita. Dan, terus terang, itu bahkan bukan skenario terburuk yang bisa kita hadapi.”

Gambaran suram yang dilukis oleh memo internal datang hanya beberapa hari sebelum Airbus ditetapkan untuk mempresentasikan hasil kuartal pertama untuk 2020 pada hari Rabu minggu ini.

Simple Flying telah menghubungi Airbus untuk memberikan komentar tetapi, pada saat publikasi, kami belum menerima balasan.

Perusahaan telah mulai menerapkan skema cuti dibantu pemerintah yang dimulai dengan 3.000 pekerja di Perancis. “… tapi kita sekarang mungkin perlu merencanakan langkah-langkah yang lebih jauh,” kata CEO perusahaan.

Perusahaan juga telah memperluas jalur kredit komersial dengan bank dan sedang dalam percakapan dengan pemerintah lain tentang skema pembayaran, termasuk pinjaman yang dijamin negara.

Airbus PHK 135.000 Orang Karyawan?

Airbus telah memangkas produksi jet narrowbody komersial hingga sepertiga, turun menjadi 40 sebulan. Namun, peluncuran program A321XLR masih berjalan sesuai rencana.

Target untuk produksi seseorang juga dipangkas secara potensial hingga 42%. Rencana produksi baru ini mungkin akan berlangsung antara dua dan tiga bulan.

Airbus mempekerjakan dibawah 135.000 orang di seluruh dunia, tetapi beberapa departemennya sudah berjuang sebelum krisis virus corona.

Kembali pada bulan Februari, pabrikan luar angkasa mengumumkan akan memberhentikan 2.300 staf dari divisi Pertahanan dan Luar Angkasa sebelum akhir 2021.

Perusahaan tersebut mengutip pasar ruang angkasa yang datar dan menunda kontrak pertahanan sebagai alasan pemotongan.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Bayar Tagihan Bulanan Pakai OVO Cashback Hingga 10%

Dompet digital OVO memiliki promo yang memberikan cashback untuk pembayaran tagihan bulanan. Kamu bisa mendapatkan cashback hingga 10% OVO Points…

2 hours ago

Belanja Kebutuhan Ramadan Tukar Jadi Rewards GetPlus

Bulan Ramadan ini, GetPlus memiliki promo yang membuat belanja kamu semakin untung dengan GetPlus. Kamu bisa nikmati berbagai Rewards seperti…

3 hours ago

Cashback 100.000 MAPCLUB Poin Belanja di Semua Brand

Bulan Ramadan ini MAPCLUB memiliki promo yang memberikan cashback poin untuk pembelanjaan pertama kamu. Kamu bisa mendapatkan cashback 100.000 MAPCLUB…

3 hours ago

Kumpulkan Stamp Indomaret Bisa Dapat Toyota Innova

Salah satu mini market di Indonesia, Indomaret memiliki program yang memberikan Lucky poin dan Stamp. Untuk Lucky Poin yang kamu…

4 hours ago

Berapa Lama Lagi Masker Digunakan Di Bandara dan Dalam Pesawat?

Masker wajah telah menjadi tanda 'normal baru' yang paling terlihat, terutama bagi para traveler udara ketika berapa di bandara dan…

5 hours ago

Gratis Ubah Jadwal Tiket Garuda Indonesia 24 April-30 Juni 2021

Untuk kamu yang harus melakukan perjalanan ke luar negeri, nikmati tiket fleksibel Garuda Indonesia dengan mudah ubah jadwal tiket. Kamu…

1 day ago