Airlines

Persiapan Bandara Lombok Sambut World Superbike 2021

Share

Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto meninjau kesiapan Bandara Internasional Lombok, Kamis (14/10/2021) siang.

Airlangga ingin melihat secara langsung upaya yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura Airports dalam menyiapkan infrastruktur bandara.

Untuk menyambut kedatangan peserta dan panitia perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 yang akan diselenggarakan pada 19-21 November 2021 mendatang di Mandalika, Lombok, NTB.

Bandara ini didukung dengan telah rampungnya perluasan terminal penumpang dan pembaruan dokumen administratif Aeronautical Information Publication (AIP).

Di mana dalam AIP tersebut juga mencantumkan data terbaru fasilitas runway dan apron Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, fasilitas kargo untuk mendukung arus logistik WSBK 2021 berupa akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi juga telah rampung 100 persen.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, mengatakan:

“Bandara Internasional Lombok siap menyambut kedatangan peserta, official, dan penonton ajang balap motor internasional World Superbike 2021.”

“Selesainya perluasan terminal penumpang Bandara Internasional Lombok ini menambah total luasan terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi.”

“Dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.”

Selain perluasan terminal, juga dilakukan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas sebelumnya yang hanya 108.100 meter persegi.

Apron yang telah selesai dikerjakan ini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Angkasa Pura Airports juga telah menuntaskan proyek perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok.

Dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan menjadi runway terpanjang nomor lima di Indonesia saat ini.

Dengan demikian, apron dan runway Bandara Internasional Lombok telah mampu untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777.

“Angkasa Pura Airports berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di berbagai bandara yang dikelola, termasuk salah satunya melalui pengembangan Bandara Internasional Lombok ini.”

“Bandara ini merupakan infrastruktur strategis untuk mendukung pengembangan Destinasi Super Prioritas Nasional Mandalika serta kegiatan-kegiatan berskala internasional yang digelar di sini, seperti World Superbike dan MotoGP,” kata Faik Fahmi.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Melihat Perakitan Akhir Airbus A321XLR Pertama

Pesawat uji terbang A321XLR pertama, MSN11000, mengambil langkah maju yang besar minggu ini untuk menjadi…

2 hours ago

Penuhi Permintaan Pasar, Boeing Perluas Kapasitas 737-800BCF?

Boeing dan Taikoo (Shandong) Aircraft Engineering Co. Ltd. (STAECO) hari ini mengumumkan rencana untuk menciptakan…

3 hours ago

Qantas Umumkan Dua WideBody Freighter untuk Kargo E-commerce

Qantas akan mengubah dua pesawat penumpang Airbus A330 menjadi pesawat kargo untuk mendukung perubahan signifikan…

4 hours ago

MyPertamina Fair Tukar Poin 4.000 Jadi Saldo LinkAja Rp10.000

Pertamina memiliki promo MyPertamina Fair yang memiliki penukaran poin jadi Saldo LinkAja. Kamu bisa menukarkan…

4 hours ago

Jadwal Garuda Indonesia Travel Fair 10-12 & 10-16 Des 2021

Setelah beberapa waktu mengundang teka teki jadwal pelaksanaan Travel Fair, Garuda Indonesia akhirnya meluncurkan tanggalnya.…

5 hours ago

Etihad Terbang ke Moskow Rusia Setelah 13 Tahun

Tepat 13 tahun setelah pertama kali menghubungkan Abu Dhabi ke Moskow Rusia, Etihad Airways meluncurkan…

5 hours ago