Apps

Rasakan Dunia Metaverse Dengan Belanja di Pasarina Sarinah

Share

Pasarina di sarinah hadirkan belanja di supermarket dengan teknologi Metaverse pertama di Indonesia.

Belanja di supermarket biasanya hanya membawa troli dan melihat produk-produk yang akan dibeli di lorong-lorong tanpa adanya teknologi.

Sekarang kamu bisa belanja di supermartket dengan teknologi metaverse yang menyertainya dengan konsep unik dan berbeda.

“Pasarina merupakan toko offline yang menggunakan AI 3 dimensi, yang ingin memberikan experince berbeda kepada konsumen,” ujar Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk.

Maria melanjutkan, Pasarina memberikan teknologi yang memudahkan pengunjung atau konsumen untuk mendapatkan informasi produk lebih lengkap dan promo apa yang ditawarkan di supermarket.

Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk.

Pasarina Brand Baru Ranch Market

Ranch Market memperkenalkan Pasarina by Ranch Market, brand baru dari Ranch Market.

Pasarina merupakan supermarket lokal premium pertama di Indonesia yang mengadaptasi brand metaverse dengan konsep unik dan berbeda, pada Jumat, 27 Mei 2022 di Jakarta lalu.

Store pertama Pasarina by Ranch Market berlokasi di Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang berstatus cagar budaya. 

Belanja Dengan Nuansa Budaya dan Tradisi Indonesia

Pasarina mengangkat produk lokal berkualitas tinggi serta siap memberikan pengalaman berbelanja menarik melalui interaksi digital dengan nuansa budaya dan tradisi Indonesia.

Berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk, Ranch Market telah dikenal sebagai upscale supermarket dengan koleksi produk berkualitas.

Pasarina by Ranch Market menyediakan produk lokal unggul berupa hasil bumi segar dan boga bahari hasil kurasi terbaik dari segenap penjuru Nusantara.

Dengan komposisi 50 persen untuk produk lokal dan 50 persen untuk produk impor.

Kurasi produk dilakukan secara ketat berdasarkan hasil riset serta masukan pengunjung dengan dukungan Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Pasarina mengusung konsep Traditional Meet Modern, dimana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan. 

Produk Lokal

Beberapa contoh produk lokal yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, jamu dan banyak lagi. 

Coklat asal Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan satu contoh distingtif bahwa belum banyak yang tahu Kupang menghasilkan coklat berkualitas dengan packaging menarik.

Dengan ditampilkannya produk unggul dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenal produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk tersebut. 

Apa yang ditawarkan Pasarina dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta yang merupakan melting pot dari berbagai daerah di Indonesia.

Di Pasarina, masyarakat dapat ikut mendukung usaha mikro di berbagai wilayah Indonesia untuk terus menghasilkan produk bermutu tinggi sambil memenuhi kebutuhan harian.

Dukungan ini akan membawa pada peningkatan tingkat kehidupan masyarakat produsen produk-produk tersebut.

Brand Metaverse Teknologi AI

Sebagai pionir brand metavese di Indonesia, di Pasarina masyarakat akan merasakan exciting new experience lewat interaksi digital menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Metaverse yang ditampilkan adalah dengan Computer Vision yang mampu memberikan pemahaman atas lokasi 3 dimensi.

Selain itu, memberikan koordinat pengguna serta teknologi laser scanning 3 dimensi untuk melakukan scanning terhadap lokasi secara 3 dimensi.

Mencari Produk Semakin Mudah dengan Guidebot

Adanya Guidebot, layaknya personal assistant akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot dengan teknologi Augmented Reality.

Guidebot akan mengarahkan pengunjung mencari posisi produk tanpa harus menunggu karyawan toko.

Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi Guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh category di dalam store.

Pengunjung dapat memindai QR Code yang akan menuntun pengunjung pada product knowledge interaktif lewat Augmented Reality dimana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk. 

Gamification

Gamification memberikan proses belanja baru yang menarik dalam dunia digital dengan games maupun aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan Virtual Reality.

Dengan teknologi ini pengunjung dapat menikmati pengalaman “belanja sambil bermain”.

Nantinya semua ini hanya dapat dinikmati dengan mengakses aplikasi TRUST Live. 

Ke depannya, aplikasi TRUST Live juga akan tersedia untuk brand lain milik PT Supra Boga Lestari, Tbk seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet, Farmers Family dan Day2Day.

Fitur brand metaverse Trust Live ini di-develop dan dipersiapkan khusus oleh Metaverse Studio Indonesia untuk Ranch Market Group.

Sebagai bagian dari Blibli.com, virtual shopping produk Pasarina dapat dilakukan dengan mudah di portal e-commerce Blibli.com.

Sehingga masyarakat memiliki pilihan untuk kenyamanan berbelanja langsung di physical store maupun berbelanja dari rumah.

“Ranch Market Indonesia mengundang masyarakat untuk merasakan exciting shopping experience dengan interaksi digital di Pasarina by Ranch Market di gedung Sarinah yang ikonik. 

Temukan produk lokal Indonesia berkualitas tinggi dalam nuansa budaya dan tradisi luhur Indonesia berpadu dengan teknologi.

Maria Suwarni, Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk, mengatakan:

“Mari kita dukung produk lokal serta perekonomian komunitas masyarakat penghasil produk di pelosok Indonesia dengan cara bangga membeli produk Indonesia.” 

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah, menyampaikan:

“Konsep supermarket metaverse pertama di Indonesia oleh Pasarina menguatkan kembali Sarinah sebagai pusat belanja modern pertama di Indonesia.”

“Ini sesuai dengan kontemporerisasi Sarinah sebagai destinasi yang adaptif terhadap perubahan jaman, namun juga tetap berkenan bagi lintas generasi.”

“Sarinah dalam konsep transformasi bisnisnya juga merekatkan teknologi dalam ekosistem bisnis dan brandnya.”

“Kami mengapresiasi inovasi tenant dan mitra Sarinah dalam mengembangkan usahanya dan terus menyempurnakan layanannya untuk para konsumen.

BACA:

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Anniversary ke-9, Hotel BATIQA Berbagi Berkah

Hotel BATIQA yang memiliki bintang tiga dengan logo anggrek biru dan mengangkat unsur budaya Indonesia…

18 hours ago

Qantas Group Buat Tebu Jadi Bahan Bakar Jet?

Produk sampingan pertanian termasuk tebu akan diubah menjadi bahan bakar jet melalui investasi dari Qantas…

22 hours ago

Ziva Magnolya Bikin Gemes! Nyanyi Menyesal Buat Eri Carl

Ziva Magnolya bikin gemes! Nyanyi menyesal buat Eri Carl, Gofar bilang pernah dicurhatin soal itu?…

22 hours ago

Super Air Jet Hadirkan Pesawat Airbus A320 ke-50

Super Air Jet membawa pesawat Airbus A320 ke-50 pada Jumat, 31 Maret 2023 dan mendarat…

22 hours ago

Cashback 50% Livin’ Food Fiesta Pakai QR Livin’ by Mandiri

Bank Mandiri memiliki promo “Cashback 50% Livin’ Food Fiesta 2023” untuk makanan dan minuman di…

2 days ago

Emirates dan United Aktifkan Kemitraan di AS

Emirates dan United telah mengaktifkan kemitraan codesharenya, yang memungkinkan pelanggan Emirates menikmati akses yang lebih…

2 days ago