Categories: AirlinesHeadline

Penumpang Lion Air Lahiran Bayi di Pesawat

Share

Maskapai low cost carrier Lion Air mendapatkan kejadian yang sangat langka dengan hadirnya bayi di dalam pesawat dengan proses lahiran atau persalinan.

Kejadian ini terjadi di pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-797 rute dari Bandara Internasional Sentai, Jayapura, Papua denga tujuan Makassar.

Penumpang bernama Anastasia Geavani yang memiliki tiket perjalanan Merauke – Jayapura – Makassar – Jakarta melahirkan bayinya di dalam pesawat.

Lahiran di Pesawat

Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 09).

Kira-kira 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari penumpang dimaksud meminta bantuan kepada awak kabin bahwa mengeluh sakit perut dan meminta air putih hangat.

Pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bernama Novitalia bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang.

Setelah mendapatkan informasi detail, SFA segera melakukan pengumuman (announcement) apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter.

Satu penumpang atas nama Marthina Setiawati Randabunga mengaku sebagai dokter dengan menunjukkan identitas resmi serta dokumen pendukung lainnya.

Setelah itu, koordinasi dan kerjasama yang baik antara awak kabin dan dokter, proses persalinan penumpang termasuk penanganannya tersebut berjalan normal, dilakukan di kursi bagian belakang.

Setelah melalui proses persalinan di atas pesawat, ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat.

Dalam situasi seperti itu guna memberikan pelayanan terbaik, pilot Capt. Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo setelah koordinasi dengan dokter dan awak kabin memutuskan untuk pengalihan pendaratan (divert) ke bandar udara terdekat.

Bandara tersebut yakni Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ).

Pilot menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara dan petugas darat, dalam penerbangan terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

Pesawat udara mendarat pada 15.49 WIT

Setelah pesawat udara parkir pada tempatnya dan pada posisi sempurna, petugas layanan darat (ground handling) Lion Air bersama tim medis segera menangani penumpang dimaksud, untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Lion Air penerbangan JT-797 kembali mengudara dari Bandar Udara Internasional Pattimura tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 16.30 WIT.  Pesawat tiba pada 17.15 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08).

Lion Air mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada awak kabin yang bertugas, dokter pada penerbangan serta ground handling di Ambon yang menangani operasional dan penanganan satu penumpang melahirkan penerbangan JT-797.

Sebelum penerbangan, Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-797 secara tepat.

Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-JT sebelum diberangkatkan sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan serta dinyatakan laik dan aman untuk terbang.

Kru yang bertugas dalam kondisi sehat, serta seluruh penumpang telah menjalani pemeriksaan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Awak kabin (pramugari dan pramugara) Lion Air sudah dibekali kemampuan (keterampilan) melalui pendidikan dan pelatihan dalam menjalankan profesinya.

Pelatihan tersebut guna menjaga penumpang agar tetap aman dan memastikan semua aktivitas berjalan menurut SOP.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Editor

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Etihad Luncurkan Aplikasi IATA Travel Pass

Asosiasi Transportasi Udara Internasional 'IATA' dan Etihad Airways mengumumkan kemitraan untuk meluncurkan IATA Travel Pass untuk para tamu Etihad Airways.…

3 hours ago

Harga Khusus Rapid Tes Antigen Garuda Indonesia di Banjarmasin

Maskapai milik Pemerintah Indonesia, Garuda Indonesia memberikan harga khusus Rapid Tes Antigen di Banjarmasin. Garuda Indonesia selalu berkomitmen untuk terus…

3 hours ago

Diskon Hingga 25% Menginap di Fave Hotel Pakai BCA

BCA memiliki promo yang memberikan diskon harga untuk menginap di Fave Hotel menggunakan kartu kredit. Kamu bisa mendapatkan diskon 25%…

16 hours ago

Menparekraf Ajak Menlu Singapura Diskusi Perjalanan Tanpa Karantina

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan membahas peluang untuk menerapkan perjalanan tanpa karantina (travel bubble).…

17 hours ago

Singapore Airlines Buka Uji Tes COVID-19 Sebelum Keberangkatan?

Pelanggan Singapore Airlines (SIA) akan dapat memesan tes serologi dan PCR Covid-19 sebelum keberangkatan. Hasil tes tersebut bisa diterima di…

17 hours ago

6 Menu Imlek Singapore Airlines untuk Bersantap di Rumah

Tahun Baru Imlek menjadi lebih istimewa dengan pengalaman bersantap First Class atau Business Class Singapore Airlines dalam kenyamanan di rumah…

17 hours ago