Airlines

Alasan Evakuasi WNI di Wuhan Pakai Batik Air Bukan Garuda Indonesia

Share

Diskusi untuk menentukan menggunakan maskapai apa yang akan menjemput WNI di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok telah melalui proses diskusi yang panjang, dan akhirnya Batik Air terpilih menjadi maskapai yang menjemput WNI.

Alasan Batik Air terpilih untuk misi kemanusiaan ini karena PT Lion Air memiliki izin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, bahwa penerbangan ke Wuhan adalah misi kemanusiaan, dan Pemerintah Indonesia menunjuk PT Lion Air karena syarat dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pelaksana misi kemanusian haruslah operator yang memiliki izin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan.

Garuda Indonesia, kata Budi tidak memiliki rute penerbangan langsung ke Wuhan lantaran yang memiliki hanya Lion Air dan Sriwijaya.

“Dan yang memiliki pesawat wide body adalah Lion air melalui pesawat Batik Air,” jelas Budi Karya.

Nantinya, pesawat Batik Air jenis Airbus 330-300 itu bakal membawa 245 WNI termasuk operator dan tim kesehatan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Adapun leading sektor untuk misi kemanusiaan ini, kata Menhub, ialah Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Kesehatan.

“Kemenhub mensupport, penerbangan akan kami kawal sesuai peraturan ICAO dan perundangan berkaitan dengan safety dan security,” kata Budi.

WNI yang ada di Wuhan di jemput oleh Pemerintah Indonesia karena telah terjadi wabah Virus Corona yang sangat berbahaya bagi manusia. Virus ini telah membuat ratusan orang meninggal dunia dan ribuan orang terjangkit virus ini.

BACA:

(*)

Irfan Laskito

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Cathay Gunakan Bahan Bakar Rendah Emisi di Tahun 2030

Cathay Pacific berkomitmen untuk menggunakan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan untuk 10% dari total konsumsi bahan…

16 hours ago

UN1TY Bakal Collabs dengan BTS dan Blackpink?

UN1TY bakal collabs dengan BTS dan Blackpink? Luna & Marianne support banget! Kira-kira akan terwujud…

17 hours ago

Boeing Buka Pabrik Perakitan Pesawat di Australia

Boeing dalam kemitraan dengan Pemerintah Queensland, Australia telah memilih Toowoomba sebagai lokasi pilihan. Pilihan lokasi…

19 hours ago

Airbus Uji Coba Penerbangan Paling Hemat Energi?

Airbus, Air France dan DSNA, Penyedia Layanan Navigasi Udara Prancis (ANSP), telah mulai bekerja menuju…

20 hours ago

Citilink Raih Bintang 5 Keamanan COVID-19 Skytrax

Citilink adalah maskapai penerbangan bertarif rendah kedua di dunia yang disertifikasi dengan Peringkat Keamanan Penerbangan…

20 hours ago

Diskon Rp50.000 di Traveloka Eats Pakai Mandiri

Bank Mandiri memiliki promo yang memberikan diskon untuk pembelian makanan di Traveloka Eats menggunakan kartu…

2 days ago