Tips and Tricks

[Tips and Tricks] Cara Mengumpulkan American Airlines Miles

Share

Saya mengumpulkan American Airlines miles sejak masih tinggal di Amerika. Kemarin saya memanfaatkan American Arilines miles saya untuk me-redeem one-way flight dari New York ke Jakarta untuk penerbangan Cathay Pacific (Business Class) dengan rute sebagai berikut:

Beberapa minggu kemudian saya diinformasikan ada penambahan transit di Vancouver, Canada yang tidak mengharuskan kami untuk keluar pesawat karena flight Cathay Pacific tersebut berniat untuk menjemput penumpang baru dari Canada.

Jumlah American Airlines miles untuk Business Class (one-way) yang dibutuhkan pada saat booking adalah:

70,000 AA Miles + USD 32.40 in taxes & surcharges

Ada beberapa cara saya mengumpulkan American Airlines miles dengan menggunakan beberapa sumber:

  • Penerbangan dengan One World Alliance
    1. Etihad Airways: penerbangan (paid fare) ke Eropa atau Middle East, miles yang diperoleh dari penerbangan Etihad ini saya kreditkan ke American Airlines AAdvantage (AA) miles.
    2. Japan Airlines: penerbangan (paid fare) menggunakan Japan Airlines (economy atau business) di kredit ke AA miles.
    3. Cathay Pacific: penerbangan (paid fare) menggunakan Cathay Pacific (economy atau business) di kredit ke AA miles
    4. Airline lain dalam One World Alliance: Qatar Airways, British Airways, Qantas, LATAM, Finnair, dan masih banyak lain. Link One World Alliance

 

  • Hotel Rewards Points
    1. Marriott Bonvoy: transfer partner American Airlines dengan perbandingan 3:1 (contoh: 30,000 Marriott Points = 10,000 AA Miles) – bonus 5,000 miles untuk penukaran 60,000 Marriott points
    2. World of Hyatt: transfer partner American Airlines dengan perbandingan 2.5:1 (contoh: 5,000 Hyatt Points = 2,000 AA Miles) + bonus 25% miles
    3. Poin Kartu Kredit
      1. Citi American AAdvantage Mastercard: kebetulan saya masih mempunyai kartu kredit Citi (berbasis di Amerika) yang memberikan saya American Airlines miles
      2. American Express: beberapa kartu AMEX yang berbasis di Indonesia juga dapat memberikan hotel privileges (contoh: AMEX BCA Platinum memberikan elite status di Hilton Honors dan Hilton Honors dapat ditransfer ke AA miles) – meskipun ratio transfer tidak ideal namun apabila sering menginap di properti Hilton lama kelamaan pasti poin nya bisa terkumpul juga.
    4. Book hotel menggunakan Agoda atau Rocketmiles

      Lewat Agoda PointsMax tinggal link frequent flyer pilihan jadi untuk setiap hotel booking akan mendapatkan Frequent Flyer miles juga (tanpa harus terbang).
      Begitu juga dengan Rocketmiles tinggal memilih mau mengkreditkan hotel booking ke Frequent Flyer program pilihan tanpa harus terbang.
    5. AAdvantage eShopping Portal

      1. Book hotel: untuk hotel booking menginap di Holiday Inn atau IHG Properties dapat menggunakan link dari website eShopping  ini dan bisa mendapatkan up to 6 AA miles per dollar. Malah kadang saat promo ada yang bisa 20 AA miles per dollar (Bayangkan booking hotel misalnya spend $1000 bisa mendapatkan 20,000 AA miles hanya dengan menggunakan link mereka).
      2. Online shopping: banyak online site yang memang diperuntukan untuk customer yang berbasis di Amerika, tapi bisa saja digunakan oleh siapa saja apabila kamu sedang berlibur kesana, nebeng alamat teman di Amerika atau online shop nya menyediakan service untuk deliver ke alamat di Indonesia

Tergantung aktivitas travel, penggunaan kartu kredit dan pembelanjaan masing-masing yang bisa menentukan berapa lama yang dibutuhkan untuk mengumpulkan AA miles.

Menurut saya sweet spot untuk penggunaan AA miles adalah untuk redemption flight rute Asia-Amerika karena jarak tempuh yang cukup jauh (diatas 20 hours) dan untuk membeli full business class fare bisa sangat mahal (sekitar IDR 30 juta one-way atau IDR 45 juta round-trip) – jadi mendingan redeem points.

AA miles juga dapat dipergunakan untuk redemption penerbangan Etihad Airways (The Apartment) atau Qatar Airways (Q-Suites) yang ada di rute Asia-Amerika.

Jadi untuk penerbangan yang lebih dekat seperti ke Asia biasanya saya memilih untuk mencari tiket promo supaya bisa mengumpulkan AA miles untuk redeem business or first class ticket di rute yang lebih jauh.

For more tips and tricks like this, visit PointsGeek!

Marianne Rumantir

Travel-Hacker

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Festival Tukar Tambah Tokopedia Diskon s/d Rp5 Juta Pakai BCA

Bank BCA memiliki program 'Festival Tukar Tambah Tokopedia' yang memberikan diskon untuk tukar elektronik menggunakan…

23 mins ago

Garuda Indonesia September End Deal Diskon 30% s/d 3 Okt

Garuda Indonesia memiliki promo 'September End Deal' yang memberikan diskon untuk tiket. Kamu bisa mendapatkan…

38 mins ago

Citilink ‘Festival Akhir Bulan’ September 2021

Citilink memiliki promo 'Festival Akhir Bulan' yang memberikan diskon untuk tiket penerbangan. Kamu bisa mendapatkan…

16 hours ago

Rekomendasi Tempat Piknik yang Lagi Hits

Piknik bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan saat liburan, terutama buat kamu yang sudah jenuh…

18 hours ago

Boeing: China Butuh 8.700 Pesawat Baru Pada Tahun 2040

Boeing memperkirakan bahwa maskapai penerbangan China akan membutuhkan 8.700 pesawat baru pada tahun 2040, senilai…

19 hours ago

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh?

Ketika Herjunot Ali Ketemu Luna Maya Pertama Kali, Jodoh? Wah gimana perasaan mereka berdua ya?…

1 day ago